CahyawisesaSriRamaatmaja (2009) Pengaruh Penerimaan Teknologi Terhadap Keputusan Menggunakan Laptop : Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh model penerimaan teknologi yang meliputi persepsi kegunaan/ perceived usefulness dan persepsi kemudahan penggunaan / perceived ease of use secara simultan dan parsial terhadap keputusan menggunakan laptop oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan juga untuk mengetahui diantara persepsi kegunaan / perceived usefulness dan kemudahan persepsi penggunaan / perceived ease of use yang paling berpengaruh (dominan) terhadap keputusan menggunakan laptop oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan Laptop . Sampel ditentukan sebanyak 70 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling . Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel-variabel persepsi kegunaan / perceived usefulness dan persepsi kemudahan penggunaan / perceived ease of use secara simultan (bersama-sama) terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menggunakan laptop oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung (47,473) lebih besar dari nilai F tabel (3,15) atau nilai sig F (0,000) kurang dari 5%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel bebas lebih besar dari nilai t tabel dan nilai sig t-nya di bawah nilai signifikan 0,05 (5%) sehingga variabel-variabel persepsi kegunaan / perceived usefulness dan persepsi kemudahan penggunaan / perceived ease of use secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dengan keputusan menggunakan laptop oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Nilai R square sebesar 0,586 menunjukkan bahwa variabel keputusan menggunakan laptop oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dipengaruhi persepsi kegunaan / perceived usefulness dan persepsi kemudahan penggunaan / perceived ease of use sebesar 58,6% sedangkan sisanya sebesar 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel persepsi kegunaan / perceived usefulness berpengaruh paling dominan terhadap keputusan menggunakan laptop oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang karena mempunyai nilai koefisien beta terbesar (0,723). Dari hasil penelitian maka perusahaan diharapkan memperhatikan kedua konstruk (persepsi kegunaan/ perceived usefulness dan persepsi kemudahan penggunaan / perceived ease of use) tersebut. Hal ini mengingat kedua konstruk tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menggunakan laptop dan dapat digunakan perusahaan dalam upayanya untuk mempengaruhi konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/93/050900684 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Mar 2009 08:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 17:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104636 |
Preview |
Text
050900684.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |