Analisis Capital Budgeting bagi pengambilan keputusan investasi penambahan aktiva tetap : Studi Kasus di Perusahaan Roti Matahari.

YuliAnggarkasih (2009) Analisis Capital Budgeting bagi pengambilan keputusan investasi penambahan aktiva tetap : Studi Kasus di Perusahaan Roti Matahari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan investasi sangat diperlukan dalam suatu perusahaan. Dalam investasi, keputusan yang diambil saat ini akan menentukan berhasil atau tidaknya perusahaan beberapa waktu kemudian. Oleh karena itu, diperlukan suatu pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusan investasi. Salah satu masalah investasi yang sering dihadapi oleh perusahaan adalah pengambilan keputusan investasi aktiva tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis layak atau tidaknya usulan investasi aktiva tetap yang akan dilakukan oleh Perusahaan Roti Matahari. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan investasi aktiva tetap, serta seberapa besar hasil pengembalian dari investasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Metode analisis investasi yang digunakan adalah teknik capital budgeting , yaitu dengan metode masa pemulihan, metode nilai sekarang bersih, metode tingkat pengembalian internal, dam metode indeks profitabilitas. Dalam melakukan analisis capital budgeting , diperlukan juga analisis terhadap arus kas perusahaan. Oleh karena itu, projeksi arus kas diperlukan sebelum menganalisis suatu investasi dengan teknik capital budgeting . Dari analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa usulan investasi aktiva tetap, yaitu penambahan mesin baru, layak dilakukan. Investasi tersebut menguntungkan perusahaan karena perusahaan dapat memperoleh hasil pengembalian investasi kurang dari umur projek yaitu 1 tahun 10 bulan, nilai sekarang bersih yang positif, tingkat pengembalian internal yang lebih besar dari biaya modal yaitu 55,55%, dan indeks profitabilitas lebih dari satu. Selain itu, untuk mengantisipasi adanya ketidakpastian di masa yang akan datang diperlukan juga suatu analisis untuk menganalisis risiko investasi, yaitu analisis kepekaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/91/050900682
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Mar 2009 14:43
Last Modified: 23 Oct 2021 17:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104634
[thumbnail of 050900682.pdf]
Preview
Text
050900682.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item