IrthaDhiyanti (2009) Penerapan e-banking sebagai Service Development Perbankan untuk transaksi Financial dan Non Financial ” (Pada Nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan e-Banking sebagai service development perbankan untuk transaksi financial dan non financial secara online , dengan fokus penelitian yaitu bagaimana penerapan e-Banking di kalangan nasabah Bank BNI cabang Kantor Cabang Utama, dalam melakukan transaksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif di mana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan penerapan e-Banking sebagai media transaksi financial dan non financial pada nasabah Bank BNI Kantor Cabang Utama Malang. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan tabulasi silang ( Crosstabulation). Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa terjadi peningkatan terhadap penggunaan layanan akses e-Banking dalam melakukan transaksi Financial maupun Non Financial melalui Internet. Sesuai dengan hasil penelitian diketahui bahwa di antara kedua jenis transaksi ( Financial dan Non Financial) jenis transaksi yang paling banyak digunakan oleh nasabah dalam penggunaan e-Banking adalah bervariasi. Penggunaan akses e-Banking untuk jenis transaksi Financial lebih sering dimanfaatkan dengan frekuensi 1 kali sebesar 72% dan Non Financial lebih sering dimanfaatkan dengan frekuensi >2 kali sebesar 76%. Dari fakta-fakta yang terungkap menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun pengguna e-Banking semakin meningkat dan media transaksi online ini semakin digemari nasabah untuk melakukan transaksi baik secara financial maupun non financial , namun diperlukan peran dari perusahaan Perbankan sebagai penyedia layanan e-Banking untuk memberikan upaya sosialisasi terhadap nasabah penggunaan e-Banking . Selain itu pemerintah diharapkan memberikan jaminan keamanan bagi pengguna e-Banking agar terhindar dari kejahatan dunia maya ( Cyber Crime ) selama melakukan proses transaksi melalui e-Banking dan memberikan jaminan hukum atas penipuan-penipuan yang mungkin akan dialami oleh nasabah pengguna e-Banking. Berdasarkan pada dimensi kualitas pelayanan, dimensi yang dominan dimiliki oleh PT. Bank BNI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Malang dalam penggunaan e-Banking sebagai media promosi pemasaran online untuk transaksi Financial dan transaksi Non Financial adalah Security yaitu adanya jaminan keamanan untuk melakukan transaksi perbankan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/90/050900681 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Mar 2009 15:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 17:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104633 |
Preview |
Text
050900681.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |