HerdianaOctavia (2009) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Peminjam (Studi pada ”Bank Jatim Cabang Kota Batu”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing terhadap kepuasan nasabah peminjam. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden di Bank Jatim Cabang Kota Batu. Alat analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel keuntungan Bersama (X 1 ), komitmen (X 2 ), komunikasi (X 3 ), serta kebenaran (X 4 ) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah peminjam (Y) , dengan nilai F sebesar 84,645. Secara parsial variabel keuntungan bersama signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam sebesar 2,283. Variabel komitmen signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam sebesar 2,036. Variabel komunikasi signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam, sebesar 3,901. Variabel kebenaran signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam sebesar 2,936 .Nilai adjusted R square sebesar 0,772. Keuntungan bersama, Komitmen, Komunikasi, dan kebenaran mempunyai hubungan positif atau searah dengan kepuasan nasabah peminjam. Variabel komunikasi dominan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, sebaiknya perusahaan memperhatikan pelaksanaan Relationship Marketing untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan nasabah peminjam, terutama variabel komunikasi karena variabel ini dominan mempengaruhi kepuasan nasabah peminjam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/89/050900680 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Mar 2009 15:16 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 17:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104631 |
Preview |
Text
050900680.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |