Pengaruh Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang).

ArlitaNurmadianti (2009) Pengaruh Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di negara Indonesia, pajak mempunyai persentase terbesar penerimaan dan pendapatan dalam APBN. Sebagai negara yang mengandalkan pajak sebagai penerimaan dan pendapatan terbesarnya, peraturan dan perundang-undangan perpajakan akan mempengaruhi besar kecilnya penerimaan dan pendapatan negara melalui tingkat kepatuhan wajib pajak. Peraturan dan perundang-undangan pajak mungkin akan membebani pembayar pajak (wajib pajak) untuk memenuhi kewajiban pajaknya. Biaya yang dikeluarkan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajaknya disebut dengan biaya kepatuhan pajak. Masalah yang diteliti adalah apakah biaya kepatuhan pajak mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kepatuhan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan metode angket dengan skala pengukuran Guttman. Metode analisa pada penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh biaya kepatuhan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Uji-t digunakan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kedua variabel. Untuk menghitung korelasi, digunakan koefisien determinasi. Dari hasil regresi, biaya kepatuhan pajak (X) berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak (Y). Artinya bahwa biaya kepatuhan pajak mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Koefisien korelasi menunjukkan kategori yang lemah. Sehingga antara variabel biaya kepatuhan pajak dengan variabel kepatuhan pajak memiliki hubungan yang lemah. Biaya kepatuhan pajak yang semakin tinggi belum tentu membuat tingkat kepatuhan wajib pajak akan semakin rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/86/050900554
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Mar 2009 14:14
Last Modified: 23 Oct 2021 17:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104628
[thumbnail of skripsi_pdf.pdf]
Preview
Text
skripsi_pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item