Pengaruh Positioning – Differentiation – Brand Produk Sari Apel Kusuma Agrowisata Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Ritel di Kota Malang (studi pada PT. Mannasatria Kusumajaya Perkasa).

EdwinNoprianHafani (2009) Pengaruh Positioning – Differentiation – Brand Produk Sari Apel Kusuma Agrowisata Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Ritel di Kota Malang (studi pada PT. Mannasatria Kusumajaya Perkasa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positioningdifferentiation- brand (PDB) terhadap keputusan pembelian oleh bisnis pedagang eceran (ritel). Saat ini persaingan bisnis Indonesia berperang di benak pelanggan. Hal ini disebabkan meningkatnya tingkat intelektual konsumen yang berdampak pada perilaku konsumen yang lebih kompleks. Untuk itu dibutuhkan model strategi yang dapat membawa produk maupun perusahaan menang di persaingan tingkat brand. Garis besar dari model strategi pemasaran PDB adalah positioning yang tepat dan differentiation yang kuat akan menciptakan brand image dan brand integrity yang kuat. Pada gilairannya maka hal ini akan kembali memperkuat positioning yang telah dipilih tersebut, serta membangun brand integrity -nya. Proses ini beralngsung secara terus menerus seperti luncuran bola salju, yang pada akhirnya menghasilkan landasan yang solid bagi keunggulan kompetitif produk maupun perusahaan. Obyek penelitian adalah ritel yang melakukakan pembelian terhadap produk Sari Apel Kusuma Agrowisata di Kota Malang yang diambil sampelnya dengan metode proportional random samping . Data primer diambil menggunakan alat beupa kuesioner dengan menggunakan skala likert. Untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan PDB terhadap keputusan pembelian ritel digunakan analisis regresi berganda dan sebelumnya dilakukan pengujian asumsi klasik. Dari hasil analisa regresi terbukti bahwa PDB berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian oleh bisnis ritel. Dari hasil regresi berganda diketahui bahwa variabel konteks yang merupakan “ how to offer ” atau cara menawarkan produk atau perusahaan. Hal ini berarti bisnis ritel paling memperhatikan differensiasi produk dari bagaimana cara perusahaan menawarkannya. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi perusahaan yang ingin mengaplikasikan strategi pemasaran dengan model PDB.Pengambil keputusan bisa lebih fokus kepada variabel konteks yang diberikan kepada konsumen mereka tapi tanpa mengesampingkan variabel lainnya yaitu positioning, konten, infrastruktur, brand awareness, perceived quality, brand association.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/84/050900552
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2009 11:01
Last Modified: 23 Oct 2021 17:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104626
[thumbnail of 050900552.PDF]
Preview
Other
050900552.PDF

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item