Pengaruh rasio keuangan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan Food And Beverages periode 2003 – 2007 (Studi Pada Perusahaan Food and Beverages yang Listing di Bursa Efek Indonesia)

ThesaArdhelia (2009) Pengaruh rasio keuangan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan Food And Beverages periode 2003 – 2007 (Studi Pada Perusahaan Food and Beverages yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ada beberapa permasalahan yang terjadi di Perusahaan Food and Beverages . Diantara beberapa permasalahan yang terjadi, salah satunya adalah masalah kebijakan dividen. Kebijakan dividen melibatkan dua pihak yang saling berlawanan yaitu pemegang saham dengan perusahaan. Oleh karena itu survai tentang variabel yang mempengaruhi Dividen diukur dengan menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR) penting dilakukan, yang hasilnya di pergunakan untuk pengendalian kebijakan manajemen perusahaan Food and Beverages yang telah terdaftar di BEI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Earning per Share (EPS) , Return On Investment (ROI) , Total Asset Turn Over (TATO) , dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan Food and Beverages yang telah terdaftar di BEI serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel mana yang paling dominan diantara 4 (empat) variabel bebas tersebut terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) perusahaan Food and Beverages yang telah terdaftar di BEI . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Earning per Share (EPS) , Return On Investment (ROI) , Total Asset Turn Over (TATO) , dan Debt to Equity Ratio (DER) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Dengan uji parsial variabel Earning per Share (EPS) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), namun variabel Return On Investment (ROI) , Total Asset Turn Over (TATO) , dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh secara signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Sedangkan dari keempat variabel bebas yang diteliti menunjukkan variabel Return On Investment (ROI) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/83/050900550
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Mar 2009 10:00
Last Modified: 23 Oct 2021 17:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104625
[thumbnail of 050900550.pdf]
Preview
Text
050900550.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item