Analisis Pengaruh Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Mahasiswa Dalam Memilih Kuliah Di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

FebiGilianto (2009) Analisis Pengaruh Faktor-faktor yang Dipertimbangkan Mahasiswa Dalam Memilih Kuliah Di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komersialisasi pendidikan kini semakin marak di beberapa sekolahsekolah negeri di Indonesia. Padahal dalam UU No. 20 tentang Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (USPN) pasal 46 yang mengatakan bahwa “ Pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat .” Hal ini berarti bahwa sumber pendanaan sekolah dan biaya pendidikan bukan hanya dibebankan kepada orang tua saja tetapi juga menjadi tanggung jawab pemerintah juga. Tetapi pada kenyataanya biaya pendidikan tetap saja mahal, Misalkan saja Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang mematok biaya masuk semester awal untuk jalur SPMK (Seleksi Program Minat Dan Kemampuan) kurang lebih sebesar Rp. 28.385.000,-. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa dalam memilih kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, faktor-faktor tersebut antara lain Motivasi, Presepsi, Kelompok, Keluarga, Peran & Status, Budaya, Produk, Tempat, Promosi dan Harga. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang jalur SPMK angkatan 2006-2008 yang telah dibagi secara proporsional. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dan regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis faktor menghasilkan 10 faktor yang dipertimbangkan mahasiswa dalam memilih kuliah di FEUB antara lain, Motivasi, Presepsi, Kelompok, Keluarga, Peran & Status, Budaya, Produk, Tempat, Promosi dan Harga. Sedangkan hasil analisis menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel Motivasi(X 1 ), Presepsi(X 2 ), Kelompok(X 3 ), Keluarga(X 4 ), Peran & Status(X 5 ), Budaya(X 6 ), Produk(X 7 ), Tempat(X 8 ), Promosi (X 9 ) dan Harga(X 10 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah di FEUB. Sedangkan secara parsial hanya variabel Presepsi(X 2 ), Kelompok(X 3 ), Peran & Status(X 5 ), Budaya(X 6 ), Produk(X 7 ), Tempat(X 8 ), Promosi (X 9 ) dan Harga(X 10 ) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah di FEUB. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu variabel Peran & Status(X 5 ) dengan koefisien beta sebesar 0,284.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/80/050900547
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Mar 2009 10:52
Last Modified: 23 Oct 2021 17:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104622
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Hasil_SPSS_(Lampiran_2).pdf]
Preview
Text
Hasil_SPSS_(Lampiran_2).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KUISIONER_(Lampiran_1).pdf]
Preview
Text
KUISIONER_(Lampiran_1).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item