EvaSiswoNugroho (2009) Analisis Pengaruh Sensual Advertising Di Media Televisi Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek Pada Produk Parfum Pria Merek AXE (Studi Pada Mahasiswa S-1 Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel Sensual Advertising di media televisi terhadap pembentukan ekuitas merek ( brand equity ) produk parfum pria merek AXE, serta untuk mengetahui variabel dari Sensual Advertising di media televisi yang lebih dominan berpengaruh terhadap pembentukan ekuitas merek ( brand equity ) produk parfum pria merek AXE. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Sensual Advertising di media televisi (X) yang terdiri dari Isi Pesan (X 1 ), Format Pesan (X 2 ), dan Sumber Pesan (X 3 ), sedangkan variabel dependennya adalah Brand Equity (Y) yang diukur dengan kesadaran merek ( brand awareness ), persepsi kualitas merek ( perceived quality ), assosiasi merek ( brand association ) dan loyalitas merek ( brand loyalty ). Seratus responden dari mahasiswa S-1 Universitas Brawijaya Malang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan proportional sampling . Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 14 for Windows . Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda, yaitu: Y = 0,153 X 1 + 0,181 X 2 + 0,342 X 3 + e. Dari persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari variabel bebas (Isi Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan) terhadap variabel terikat ( brand awareness , perceived quality , brand association dan brand loyalty ). Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dijelaskan melalui nilai R- square (R 2 ) sebesar 0,331, dan P Value 0,000. Dengan demikian berarti bahwa Pengaruh Sensual Advertising Di Media Televisi Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek Pada Produk Parfum Pria Merek AXE dapat dijelaskan sebesar 33,1 % variabel Isi Pesan (X 1 ), variabel Format Pesan (X 2 ), dan variabel Sumber Pesan (X 3 ), sedangkan sisanya sebesar 66,9 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini misalnya kualitas produk, harga, tingkat kepuasan konsumen, dan pesaing. Adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dijelaskan melalui nilai koefisien regresi X 1 sebesar 0,153 dengan P Value = 0,172; X 2 sebesar 0,181 dengan P Value = 0,071; X 3 sebesar 0,342 dengan P Value = 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Sumber Pesan (X 3 ) berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek (Y), sedangkan variabel Isi Pesan (X 1 ) dan variabel Format Pesan (X 2 ) tidak berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek (Y). Variabel Sumber Pesan (X 3 ) dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,342 adalah variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap Ekuitas Merek produk AXE (Y) dibandingkan dengan variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/70/050900537 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Mar 2009 14:37 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 16:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104601 |
Preview |
Text
Cover_Skripsi_Siz.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR__DAFTAR_ISI__DAFTAR_TABEL__dLL._Skripsi_Siz.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_Skripsi__SeteLah_LuLus_Ujian_Komprehensif__Siz.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar_Riwayat_Hidup_Siz.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Siz_BAB_I_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Siz_BAB_II_Skripsi_(1).pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Siz_BAB_III_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Siz_BAB_IV_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Siz_BAB_V_&_Daftar_Pustaka_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |