Pengaruh Brand Image terhadap intensi pembelian (Purchase Intention) dalam berlangganan layanan Speedy (Studi pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang)

MilwandaWiraPratama (2009) Pengaruh Brand Image terhadap intensi pembelian (Purchase Intention) dalam berlangganan layanan Speedy (Studi pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap intensi pembelian dalam berlangganan layanan internet Telkom Speedy, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 70 responden dari yang belum berlangganan layanan internet Telkom Speedy. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Obyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Strata 1 yang masih aktif di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang karena merupakan salah satu Fakultas dari Universitas Negeri di Kota Malang yang memiliki jumlah mahasiswa jurusan sosial terbesar dengan komposisi mahasiswa yang lebih berragam (kelas sosial, pemikiran, kultur, dan sebagainya), dibandingkan Fakultas lain. Oleh karena itu mahasiswa dari Fakultas ini dinilai oleh peneliti sudah cukup mewakili jumlah pelanggan Speedy di kota Malang. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda dalam pengujian secara parsial semua variabel berpengaruh secara signifikan dengan nilai citra pembuat sebesar 0,370, citra pemakai 0,241 dan citra produk 0,426. Berdasarkan pengujian secara bersama-sama diketahui F hitung adalah 67,617 (signifikan F=0,000). Jadi F hitung > F tabel (67,617 > 2,68), artinya bahwa secara bersama-sama variabel citra pembuat (x1), citra pemakai (x2) dan citra produk (x3) berpengaruh secara signifikan terhadap intensi pembelian dalam berlangganan layanan Speedy. Dari nilai Adjusted R Square diperoleh nilai sebesar 0,746 hal ini berarti variabel terhadap intensi pembelian dalam berlangganan layanan Speedy (Y) dipengaruhi sebesar 74,6% oleh variabel brand image (X). Sedangkan 25,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar tiga variabel yang diteliti. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap intensi pembelian dalam berlangganan layanan Speedy. Secara parsial, variabel citra pembuat, citra pemakai dan citra produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian dalam berlangganan layanan Speedy .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/687/051000762
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Mar 2010 14:36
Last Modified: 23 Oct 2021 16:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104591
[thumbnail of 051000762.pdf]
Preview
Text
051000762.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item