Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, dan Rasio Pasar Sebelum dan Setelah Right issue pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2002-2

DwiIndriasari (2009) Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, dan Rasio Pasar Sebelum dan Setelah Right issue pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2002-2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Right issue adalah kegiatan penawaran umum terbatas kepada pemegang saham lama dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu. Right issue dilakukan perusahaan untuk menghemat biaya emisi yang akan dikeluarkan jika perusahaan menerbitkan saham biasa ke publik. Right issue merupakan salah satu alternatif pembiayaan perusahaan sehingga dengan pemilihan alternatif right issue diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan pasca right issue . Ada beberapa cara penilaian kinerja keuangan sebuah perusahaan, salah satunya dengan analisis rasio. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas, rasio leverage, dan rasio pasar. Penelitian ini menggunakan objek 24 perusahaan yang melakukan right issue dalam rentang waktu 5 tahun (2002-2006) dengan menilai rasio-rasio turunan dari instrument yang digunakan meliputi : CR, LR, PER, dan PBV. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan cakupan non kausalitas – komparatif dengan alat analisis yang digunakan adalah uji beda t-test untuk melihat ada tidaknya perbedaan signifikan pada kinerja keuangan perusahaan sebelum dan setelah right issue untuk saling mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan bahwa secara parsial kinerja keuangan perusahaan pada rasio CR menunjukkan perbedaan yang cukup berarti (signifikan), sementara untuk rasio LR, PER dan PBV tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah right issue . Namun secara deskriptif, ke 4 proksi penilaian menunjukkan perbaikan kinerja pasca kebijakan right issue, khususnya untuk rasio CR dan LR. Perbaikan kinerja pada kedua rasio tersebut bersama-sama mengindikasikan perbaikan rasio utang perusahaan (utang jangka pendek dan utang jangka panjang), atau dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang melakukan right issue memang bertujuan untuk membenahi struktur modalnya dari sisi utang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/68/050900535
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Mar 2009 14:53
Last Modified: 23 Oct 2021 16:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104584
[thumbnail of 050900535.pdf]
Preview
Text
050900535.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item