Pengaruh pelayanan prima (Servive Excellence) wiraniaga terhadap kepuasan pelanggan dealer Toyota Auto 2000 : studi pada pelanggan PT. Astra Internasional Toyota Auto 2000 cabang Sukun - Malang.

Kurnia, Robby (2009) Pengaruh pelayanan prima (Servive Excellence) wiraniaga terhadap kepuasan pelanggan dealer Toyota Auto 2000 : studi pada pelanggan PT. Astra Internasional Toyota Auto 2000 cabang Sukun - Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan Prima atau Service Excellence adalah kepedulian kepada pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dan mewujudkan kepuasan, agar mereka selalu loyal kepada organisasi atau perusahaan. Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial dari variabel palayanan prima ( service excellence ) terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Astra Internasional Toyota Auto 2000 cabang Sukun-Malang. Sampel penelitian adalah sebanyak 70 orang pelanggan yang melakukan pembelian mobil Toyota di dealer Toyota Auto 2000 cabang Sukun-Malang. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling . Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan keenam variabel bebas di atas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian secara parsial memberikan kesimpulan bahwa keenam variabel pelayanan prima ( service excellence ) yang terdiri dari variabel kemampuan (X 1 ), sikap (X 2 ), penampilan (X 3 ), perhatian (X 4 ), tindakan (X 5 ) dan tanggung jawab (X 6 ), berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Astra Internasional Toyota Auto 2000 cabang Sukun-Malang. Dari Uji Determinasi (R 2 ) diperoleh hasil sebesar 0,972 artinya 97,2 % perubahan kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh perubahan dari semua variabel bebas yaitu variabel kemampuan (X 1 ), sikap (X 2 ), penampilan (X 3 ), perhatian (X 4 ), tindakan (X 5 ) dan tanggung jawab (X 6 ). Berdasarkan dari penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dijadikan sebagai pijakan gagasan kearah penelitian yang lebih mendalam tentang pengaruh pelayanan prima ( service excellence ) terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/677/051000199
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Feb 2010 09:10
Last Modified: 14 Feb 2022 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104581
[thumbnail of Awal.pdf]
Preview
Text
Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item