Analisis Sistem Pengendalian Internal atas Siklus Penghasilan dan Penerimaan Kas. : studi kasus pada PT. Kreasi Pembangunan Malang

FebrinaAstikaSari (2009) Analisis Sistem Pengendalian Internal atas Siklus Penghasilan dan Penerimaan Kas. : studi kasus pada PT. Kreasi Pembangunan Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor properti memiliki arti yang penting dalam pembangunan perekonomian nasional, yakni dalam rangka penyediaan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat dan dalam rangka penyerapan tenaga kerja. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang properti tersebut, maka persaingan dalam perusahaan yang bergerak di bidang properti ini semakin ketat. Untuk dapat terus maju dan bertahan dalam persaingan suatu perusahaan harus meningkatkan pemasaran serta sistem akuntansi yang memadai agar mampu mendapatkan konsumen serta menghasilkan pendapatan yang maksimal. Berdasarkan penjelasan di atas, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimanakah sistem pengendalian internal atas siklus penghasilan dan penerimaan kas yang ada pada perusahaan properti yakni PT. Kreasi Pembangunan Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari self report data dan documentary data. Sementara itu, untuk mengumpulkan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan studi literatur terhadap sumber-sumber informasi yang berkaitan dengan sistem pengendalian internal atas siklus penghasilan dan penerimaan kas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya beberapa kelemahan yang terdapat dalam sistem pengendalian internal atas siklus penghasilan dan penerimaan kas pada PT. Kreasi Pembangunan Malang, yaitu belum tertatanya fungsi struktur organisasi dengan baik. Beberapa saran perbaikan telah diberikan untuk meningkatkan sistem pengendalian internal agar tujuan dari sistem pengendalian internal dapat dengan mudah tercapai yaitu dengan cara memperbaiki struktur organisasi dan meningkatkan sistem informasi yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/670/051000114
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2010 11:29
Last Modified: 23 Oct 2021 16:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104574
[thumbnail of 051000114.pdf]
Preview
Text
051000114.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item