Analisis perlakuan selisih pendapatan dan beban (sisa lebih) pada sebuah yayasan pendidikan : studi kasus pada sebuah Yayasan Pendidikan “X”

TriWulanSari (2009) Analisis perlakuan selisih pendapatan dan beban (sisa lebih) pada sebuah yayasan pendidikan : studi kasus pada sebuah Yayasan Pendidikan “X”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Yayasan pendidikan merupakan salah satu bentuk yayasan yang terdapat di Negara kita. Yayasan pendidikan formal maupun informal merupakan Wajib Pajak yang berkewajiban untuk menghitung, menyetor serta melaporkan pajak terutangnya kepada Negara. Berbeda dengan Subjek Pajak penghasilan pada umumnya, Negara memberikan perlakuan khusus dalam bidang perpajakan bagi sebuah yayasan pendidikan dalam melunasi pajak terutangnya. Apabila Subjek Pajak badan lain tidak memiliki pilihan selain harus melunasi pajak yang terutang berdasarkan Penghasilan Kena Pajaknya, maka bagi sebuah yayasan pendidikan dapat memperoleh fasilitas khusus berupa penundaan pajak atas penghasilan nettonya apabila sisa lebih/laba dari yayasan tersebut digunakan untuk pembangunan gedung dan prasarana pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat syarat-syarat penerapan fasilitas penundaan pajak atas penghasilan netto pada sebuah Yayasan Pendidikan formal. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan cara studi kasus dan menggunakan metode wawancara serta dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Penelitian ini memberikankan gambaran tatacara pemanfaatkan fasilitas penundaan pajak atas penghasilan netto. Sebuah yayasan pendidikan formal dapat dibebaskan dari pajak penghasilan badan yang ditanggungnya. Pembebasan tersebut dengan catatan bahwa sisa lebih hasil kegiatannya habis digunakan selambat-lambatnya selama 4 tahun dan harus diinvestasikan kembali ke bidang pendidikan. Adapun 5 syarat yang harus dipenuhi terkait dengan pemanfaatan fasilitas ini adalah memiliki NPWP, menyusun laporan aktivitas fiskal, membuat dan memberitahukan rencana fisik sederhana dan rencana biaya pembangunan gedung dan prasarana pendidikan kepada KPP setempat, Menyajikan sisa dana cadangan pengembangan sarana dan prasarana dalam laporan neraca dan Melaporkan dana sisa lebih YP”X” dalam SPT PPh Badan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/668/051000112
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2010 11:09
Last Modified: 23 Oct 2021 16:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104571
[thumbnail of 051000112.pdf]
Preview
Text
051000112.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item