Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing : studi kasus pada Rumah Sakit Daerah Dr. Haryoto Lumajang

NaluritaSari (2009) Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing : studi kasus pada Rumah Sakit Daerah Dr. Haryoto Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi serta kemajuan di bidang pendidikan, industri, kesehatan dan sebagainya berjalan seiring dengan semakin kompleksnya permintaan akan kebutuhan manusia. Berbagai macam bentuk ide dan pemikiran selalu menghasilkan kebutuhan untuk menunjang terciptanya suatu inovasi baru. Inovasi baru yang muncul ini diharapkan dapat bermanfaat dan membantu kinerja manusia dalam usaha untuk memperbaiki segala sesuatu yang dinilai belum sempurna baik secara personal maupun universal. Semakin banyaknya kebutuhan juga memicu berbagai elemen untuk berlomba-lomba menciptakan sesuatu inovasi baru. Inovasi yang tercipta merupakan suatu keunggulan yang dapat memberikan nilai lebih dalam persaingan memenuhi kebutuhan global. Semakin derasnya persaingan yang terjadi dalam pasar bebas mengharuskan setiap elemen dalam hal ini perusahaan, memiliki suatu pegangan khusus yang dapat menuntun, mengendalikan, dan pada akhirnya nanti dapat membantu meciptakan suatu keunggulan bersaing bagi perusahaan. Metode Balanced Scorecard merupakan perangkat bermanfaat yang dapat membantu mengukur kinerja suatu perusahaan dalam menjalankan akivitas operasional sehari-hari. Metode ini mengukur kinerja suatu perusahaan dilihat dari 4 perspektif utama, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspekif pertumbuhan dan pembelajaran. Keempat aspek tersebut merupakan elemen penting dalam mengukur kinerjanya untuk menentukan kelayakan suatu perusahaan di mata konsumen. Metode Balanced Scorecard yang diterapkan oleh Rumah Sakit Daerah Dr. Haryoto Lumajang telah menunjukkan bahwa rumah sakit ini telah berjalan secara baik atau belum. Rumah Sakit Daerah Dr. Haryoto Lumajang merupakan unit bisnis yang berbeda dengan perusahaan yang profit oriented. Indikator keberhasilan yang digunakan untuk mengukur kinerja pada rumah sakit berbeda dengan indikator yang digunakan pada perusahaan profit oriented. Unit bisnis ini tidak menitikberatkan pendapatan sebagai tolak ukur keberhasilan yang utama, tetapi lebih kepada unsur sosial yang diterapkan sebagai pelayan kesehatan bagi masyarakat, khususnya masyakarat Lumajang dan sekitarnya. Peningkatan pelayanan kesehatan, kepuasan pasien, dan kegiatan operasional terencana yang dijalankan karyawan sehari-hari, merupakan titik kinerja perusahaan yang diukur pada akhirnya akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat sekitar untuk menjaminkan kesehatan mereka pada rumah sakit ini. Berbanding lurus dengan hal tersebut, yang diperoleh oleh rumah sakit adalah peningkatan pendapatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/667/051000111
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2010 11:01
Last Modified: 23 Oct 2021 16:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104570
[thumbnail of 051000111.pdf]
Preview
Text
051000111.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item