Pengaruh Fungsi Merek Terhadap Keinginan Konsumen Membeli Nokia Nseries Dengan Harga Tinggi

RidwanMuhammadNoor (2009) Pengaruh Fungsi Merek Terhadap Keinginan Konsumen Membeli Nokia Nseries Dengan Harga Tinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi telekomunikasi—dari 1G hingga wacana 4G saat ini—membuat ponsel (telepon selular) menjadi lebih dari sekedar alat berkomunikasi. Tidak hanya sebagai alat berbicara dan pengirim pesan singkat (SMS) jarak jauh, tetapi sudah menjadi lifestyle , entertainment , bahkan office berjalan. Demi menghadapi persaingan ponsel multimedia, tahun 2005 Nokia meluncurkan ponsel multimedianya yang bertajuk, Nseries. Ponsel yang dikategorikan high end dan berharga tinggi ini, harus bersaing dengan merekmerek yang sudah mapan lainnya, semisal Sony Ericsson dan Samsung. Nokia perlu mengetahui informasi akan keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap merek Nseries-nya. Sehingga informasi yang diperoleh dapat dijadikan Nokia sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan merek Nseries-nya. Penelitian ini memiliki tujuan, (1) untuk mengetahui pengaruh variabel fungsi merek (fungsi jaminan, fungsi identifikasi personal, fungsi identifikasi sosial, dan fungsi status) baik secara simultan maupun parsial terhadap respon konsumen membeli dengan harga tinggi. Juga (2) untuk mengetahu variabel fungsi merek mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap vaiabel respon konsumennya. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori, yaitu penelitian penjelasan, untuk menguji hipotesis melalui variabel. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling , yaitu pengambilan sampel bertujuan. Dimana responden yang dicari adalah mereka yang pernah membeli dan pernah/sedang memekai Nokia Nseries. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah analisa regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis regresi linier berganda, dalam pengujian secara parsial, hanya fungsi identifikasi personal yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel respon konsumen, dengan nilai signifikansi 0,002. Berdasarkan pengujian secara bersama-sama di ketahui F hitung menunjukkan nilai sebesar 9,926 (signifikan F= 0,000). Jadi F hitung > F tabel (9,926 > 3,089), artinya bahwa secara bersama-sama variabel fungsi jaminan (X 1 ), fungsi identifikasi personal (X 2 ), fungsi identifikasi sosial (X 3 ), dan fungsi status (X 4 ) berpengaruh signifikan terhadap respon konsumen membeli dengan harga tinggi (Y). Dari nilai Adjusted R Square menunujkkan nilai sebesar 0,265 atau 26,5%. Artinya bahwa variabel respon konsumen membeli dengan harga tinggi (Y) dipengaruhi sebesar 26,5% oleh variabel fungsi merek (X), sedangkan sisanya sebesar 73,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/65/050900532
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2009 10:50
Last Modified: 23 Oct 2021 16:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104551
[thumbnail of 050900532.pdf]
Preview
Text
050900532.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item