Pengaruh Komitmen Organisasi, Pengendalian Intern dan Persepsi Atas Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Divisional Dalam Perspektif Balance Scorecard.

BungaRiandhani (2009) Pengaruh Komitmen Organisasi, Pengendalian Intern dan Persepsi Atas Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Divisional Dalam Perspektif Balance Scorecard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh komitmen organisasi, pengendalian intern dan persepsi atas implementasi good corporate governance (GCG) terhadap kinerja divisional dalam perspektif balance scorecard (BSC) Penelitian ini difokuskan pada manajer/kepala divisi anak perusahaan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling , dan diperoleh sampel sebanyak 58 responden. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum komitmen organisasi dan persepsi atas implementasi good corporate governance mempengaruhi kinerja, sedangkan pengendalian intern tidak mempengaruhi kinerja secara signifikan. Terwujudnya komitmen organisasi mempengaruhi situasi kerja yang profesional, dengan hal ini akan mempengaruhi kinerja. Begitu juga persepsi implementasi good corporate governance , persepsi tersebut dapat mempengaruhi dan mendorong ke arah yang lebih baik bagi perusahaan. Kurang berpengaruhnya pengendalian intern terhadap kinerja merupakan hal yang perlu diperhatikan, hal ini mungkin disebabkan oleh sistem pengendalian intern perlu mempertimbangkan aspek biaya-manfaat ( cost and benefit ), sumber daya manusia, kejelasan kriteria pengukuran efektivitas, dan perkembangan teknologi informasi serta dilakukan secara komprehensif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/645/051000034
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2010 15:46
Last Modified: 23 Oct 2021 16:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104546
[thumbnail of 051000034.pdf]
Preview
Text
051000034.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item