Peran Satuan Pengawas Internal dalam menunjang efektivitas fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia pada PT. Barata Indonesia (persero)

DerajatSatrioAjie (2009) Peran Satuan Pengawas Internal dalam menunjang efektivitas fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia pada PT. Barata Indonesia (persero). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu aset utama perusahaan. Peranan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia akan sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan, Audit operasional merupakan suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang ada di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan. Penilaian kinerja didasarkan pada suatu kriteria yang ditetapkan kemudian dibandingkan dengan kriteria aktual yang ada dalam organisasi tersebut. Audit operasional yang dilakukan Satuan Pengawas Internal perusahaan terhadap fungsi manajemen sumber daya menusia PT. Barata Indonesia (persero) ini bertujuan untuk menilai tingkat efisiensi dan efektivitas kinerja manajeme sumber daya manusia, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefisiensi dan inefektivitas dalam kegiatan operasi perusahaan serta melakukan sebuah penilaian pada fungsi manajemen sumber daya manusia, dan memberikan saran atau rekomendasi kepada manajemen terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancara, observasi dan kuisioner. Penilaian efisiensi dan efektivitas kinerja manajemen sumber daya manusia dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes, dan effect. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas manajemen sumber daya manusia secara keseluruhan sudah berjalan efisien dan efektif. Satuan pengawas internal mempunyai fungsi sebagai penunjang kegiatan optimalisasi efektifitas dan efisiensi perusahaan, namun untuk mempertahankan diperlukan pengkajian ulang dan berkala pada sistem kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan yang tetap harus dilakukan demi mencapai optimalisasi fungsi manajemen sumber daya manusia yang berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/629/050903684
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2010 13:17
Last Modified: 23 Oct 2021 15:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104530
[thumbnail of 050903684.pdf]
Preview
Text
050903684.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item