Evaluasi pengukuran linerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard pada Bank Century : studi kasus pada PT. Bank Century Tbk.

DewindaWulanPurnamasari (2009) Evaluasi pengukuran linerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard pada Bank Century : studi kasus pada PT. Bank Century Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat mengakibatkan permasalahan membutuhkan langkah-langkah yang tepat guna menghadapi persaingan. Dalam kondisi seperti ini, organisasi bisnis dituntut mampu mengidentifikasi, mengelola dan memperbaiki proses bisnis yang penting. Khususnya keuangan, industri dan perbankan sebagaimana Negara-negara berkembang lainnya. PT Bank Century Jakarta adalah lembaga keuangan swasta yang menjalankan kegiatan usahanya sebagai perantara keuangan dengan menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk alternatif investasi lainnya. Untuk mengevaluasi kinerha perusahaan PT Bank Century Jakarta menggunakan balanced scorecard yang terdiri dari empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, pertumbuhan dan pembelajaran. Balanced Scorecard adalah alat untuk mengevaluasi kinerja yang bersifat komprehensif untuk mempertimbangkan kinerja keuangan dan mempertimbangkan kinerja non keuangan. Perusahaan menggunakan Balanced Scorecard yang mampu menilai kinerja masa lalu dengan ukuran pendorong masa depan agar perusahaan mampu bersaing. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana evaluasi kinerja pada PT Bank Century Jakarta dengan menggunakan balanced scorecard berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif berusaha memahami persyaratan penelitian secara mendalam terfokus pada keadaan yang sebenarnya. Ruang lingkup penelitian ini hanya dibatasi pada mengevaluasi hasil kinerja perusahaan dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard. PT Bank Century Jakarta dalam mengevaluasi dan menilai mengacu pada penilaian keuangan saja sedangkan non keuangan diabaikan. Disini terlihat bahwa pada perspektif keuangan yang terus mengalami peningkatan dan target yang terpenuhi sedangkan pada kinerja non keuangan mengalami peningkatan tetapi belum sebanding dengan kinerja keuangan perusahaan. Untuk itu perusahaan harus terus melakukan evaluasi dan memperbaiki dengan menambah ukuran dan target perusahaan. Secara umum hasil kinerja PT Bank Century Jakarta menggunakan balanced scorecard adalah baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/627/050903682
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2010 14:46
Last Modified: 23 Oct 2021 15:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104528
[thumbnail of abstraksi.pdf] Other
abstraksi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab_4.pdf] Other
bab_4.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB_5.pdf] Other
BAB_5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab_I_new.pdf] Text
bab_I_new.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab2__bsc.pdf] Other
bab2__bsc.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab3.pdf] Other
bab3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of cover.pdf] Other
cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf] Other
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Other
Dapus.pdf

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item