Telaah Kritis Praktik Manajemen Laba Sebelum Proses Akuisisi PT. Bentoel Internasional Investama Tbk. oleh British American Tobacco Plc.

NanangHendraPornomo (2009) Telaah Kritis Praktik Manajemen Laba Sebelum Proses Akuisisi PT. Bentoel Internasional Investama Tbk. oleh British American Tobacco Plc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen mengatur laba dengan menaikkan atau menurunkan laba dengan tujuan tertentu. Hal ini dilakukan dengan cara mengendalikan transaksi akrual atau memilih metode akuntansi tanpa melanggar standar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara kritis praktik manajemen laba sebelum proses akuisisi PT. Bentoel Internasional Investama Tbk. oleh British American Tobacco Plc. Pendeteksian praktik manajemen laba dilakukan dengan menggunakan model Jones yang dimodifikasi serta menggunakan discretionary accruals sebagai proxy manajemen laba. Penelaahan dilakukan atas laporan keuangan PT. Bentoel Internasional Investama Tbk. periode 2004 sampai 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bentoel Internasional Investama Tbk. melakukan praktik manajemen laba sebelum diakuisisi oleh British American Tobacco Plc. yang ditunjukkan dengan discretionary accruals yang bernilai positif sebagai indikasi terjadinya upaya menaikkan laba dan negatif sebagai indikasi terjadinya upaya menurunkan laba. Teknik manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan tersebut yaitu dengan cara menggeser sejumlah pendapatan dan beban pada periode tertentu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/620/050903649
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2010 09:12
Last Modified: 23 Oct 2021 15:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104521
[thumbnail of 050903649.pdf]
Preview
Text
050903649.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item