Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Untuk Wajib Pajak Badan (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan)

DominicusDoliSL (2009) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Untuk Wajib Pajak Badan (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris ada atau tidaknya pengaruh tingkat pengetahuan Wajib Pajak, sanksi-sanksi dalam perpajakan, kemudahan dalam proses pengisian SPT dan tingkat kesadaran Wajib Pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan dalam menyampaikan SPT Tahunan. Serta untuk memperoleh bukti empiris terhadap faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak Badan dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif . Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner, dengan 60 responden yang terkumpul dan pengukuran jawaban menggunakan skala likert . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan Wajib Pajak, sanksi-sanksi dalam perpajakan, kemudahan dalam proses pengisian SPT dan tingkat kesadaran Wajib Pajak. Sedangkan variabel terikatnya adalah kepatuhan Wajib Pajak Badan dalam menyampaikan SPT Tahunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan Wajib Pajak, sanksi-sanksi dalam perpajakan, kemudahan dalam proses pengisian SPT dan tingkat kesadaran Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Badan dalam menyampaikan SPT Tahunan. Dan kesadaran Wajib Pajak merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak Badan dalam menyampaikan SPT Tahunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/618/050903625
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Dec 2009 14:49
Last Modified: 23 Oct 2021 15:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104517
[thumbnail of 050903625.pdf]
Preview
Text
050903625.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item