Analisis Penerapan Good Corporate Governance Pada PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PT TASPEN) Persero Kantor Cabang Malang.

VillyaCandraKusumaDewi (2009) Analisis Penerapan Good Corporate Governance Pada PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PT TASPEN) Persero Kantor Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan good corporate governance di BUMN membutuhkan dukungan dari segenap pihak yang berkepentingan mulai dari pemerintah selaku regulator, karyawan, dan stakeholders . Membangun dan mewujudkan good corporate governance sebagai struktur dan sistem membutuhkan korelasi yang erat antara good corporate governance dengan budaya perusahaan dalam menciptakan iklim investasi yang sehat. TASPEN sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang asuransi sosial juga wajib menerapkan good corporate governance . Diharapkan dengan penerapan good corporate governance ini Taspen dapat memberikan output berupa budaya perusahaan yang kuat dan tangguh agar terwujud well governed company . Penelitian ini diperlukan untuk mengetahui penerapan good corporate governance pada perusahaan serta kendala yang dihadapi dalam penerapan good corporate governance tersebut. Penelitian yang dilakukan merupakan salah satu bentuk penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus dan pendekatan deskriptif. Penelitian mendasarkan pada metode observasi dan wawancara untuk memperoleh data. Atas data yang telah diperoleh, kemudian akan dibandingkan dengan seperangkat teori serta konsep yang terdapat dalam literatur guna pengambilan kesimpulan atas penerapan good corporate governance . Dan berdasar pada hasil evaluasi yang telah dilakukan peneliti, didapat suatu kesimpulan akhir bahwa penerapan good corporate governance pada PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Malang masih belum berjalan efektif. Hal ini ditimbulkan dari beberapa prinsip good corporate governance yakni prinsip responsibilitas dan prinsip akuntabilitas yang sepenuhnya tidak diterapkan di PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/614/050903621
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Dec 2009 14:16
Last Modified: 23 Oct 2021 15:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104512
[thumbnail of 050903621.pdf]
Preview
Text
050903621.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item