Analisa Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal untuk Merumuskan Strategi Utama pada Produk Speedy PT. Telekomunikasi, Tbk. Kancatel Pamekasan”.

BataraGilangPermana (2009) Analisa Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal untuk Merumuskan Strategi Utama pada Produk Speedy PT. Telekomunikasi, Tbk. Kancatel Pamekasan”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Speedy PT. Telekomunikasi, Tbk. Kancatel Pamekasan sebagai satu-satunya provider jasa pelayanan internet rumahan dan industri harus memberikan pelayanan yang baik terutama bagi pengguna jasa pelayanan internet Speedy di Pamekasan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa menggunakan analisis Lingkungan Eksternal dan Internal perusahaan sehingga dapat memperoleh strategi utama untuk meningkatkan kualitas dari jasa pelayanan internet di Pamekasan yaitu Speedy pamekasan maupun dalam menghadapi pesaing yang pasti akan muncul sesuai dengan perkembangan teknologi. Analisis lingkungan eksternal dan internal digunakan untuk melihat kondisi terbaru dari lingkungan eksternal dan internal perusahaan yaitu dengan menggunakan matriks Evaluation Factor External (EFE) dan Evaluation Factor Internal (IFE) . Hasil dari analisis matriks EFE terhadap produk Speedy Pamekasan adalah 2,90 yang menunjukkan bahwa lingkungan eksternal telah cukup baik dalam mengambil keuntungan dari peluang dan berhasil memperkecil dampak dari ancaman yang ada. Sedangkan hasil dari analisis dari matriks IFE adalah 2,85 yang menunjukkan bahwa lingkungan internal berada pada kondisi yang cukup baik, dengan memanfaatkan kekuatan yang ada pada saat ini serta meningkatkan pemanfaatan dari peluang dan ancaman untuk mengurangi kelemahan yang masih ada didalam lingkungan internal. Analisis dari lingkungan eksternal dan internal tersebut digunakan untuk melakukan analisis SWOT guna mencari strategi SO,WO,ST,WT yang dapat digunakan sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi oleh PT. Telkom Kancatel Pamekasan. Selanjutnya dengan menggunakan matriks IE hasil dari matriks IFE dan EFE tadi berada pada sel V yang menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat digunakan adalah strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk. Pada matriks Grand Strategies (strategi utama) jika mempertimbangkan hasil matriks IFE dan EFE serta observasi dan wawancara strategi yang tepat terdapat pada kuadran III yaitu Pertumbuhan Terkonsentrasi, Pengembangan Pasar, Pengembangan Produk Dan Inovasi . Hasil dari analisis melalui QSPM, jumlah TAS strategi Pertumbuhan Terkonsentrasi sebesar 4,60, Pengembangan Pasar sebesar 5,55 dan Pengembangan Produk sebesar 6,60. Dengan demikian strategi utama yang paling tepat digunakan oleh PT. Telkom Kancatel Pamekasan adalah Strategi Pengembangan Produk yaitu dengan cara meningkatkan kualitas produk Speedy yang kualitasnya saat ini masih lebih rendah dari kota-kota lain di luar pulau Madura dan mempercepat pengenalan dari salah satu produk Speedy terbaru yaitu Flexy Speedy . Dengan menggunakan strategi ini diharapkan PT. Telkom Kancatel Pamekasan dapat memberikan layanan jasa internet yang terbaik terhadap masyarakat Pamekasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/612/050903586
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Dec 2009 11:20
Last Modified: 23 Oct 2021 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104510
[thumbnail of 050903586.pdf]
Preview
Text
050903586.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item