Peran Akuntan Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Etika Kepada Mahasiswa” (Studi Kasus pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya).

RenyPuspitaSari (2009) Peran Akuntan Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Etika Kepada Mahasiswa” (Studi Kasus pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang diterapkan oleh akuntan pendidik dalam menanamkan nilai moral dan etika sehingga mampu membuat mahasiswa memiliki kerangka berpikir dalam membuat keputusan-keputusan etika. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya dan menggunakan dosen serta mahasiswa sebagai informan penelitian. Peneliti melakukan studi penelitian kualitatif dengan menggunakan reduksi data serta melakukan analisis deskriptif untuk menemukan peran akuntan pendidik dalam menanamkan nilai etika kepada mahasiswa. keputusan etika. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya dan menggunakan dosen serta mahasiswa sebagai informan penelitian. Peneliti melakukan studi penelitian kualitatif dengan menggunakan reduksi data serta melakukan analisis deskriptif untuk menemukan peran akuntan pendidik dalam menanamkan nilai etika kepada mahasiswa. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa peran dosen sangat penting dalam penanaman nilai moral dan etika kepada mahasiswa yaitu dilakukan secara formal dan informal. Secara informal, dosen dapat menanamkan sensitivitas terhadap nilai moral dan etika seperti menanamkan nilai ketakwaan, integritas, intelektualitas dan profesionalisme. Kepribadian dosen tidak hanya menjadi dasar bagi dosen untuk bertingkah laku yang bermoral, akan tetapi juga menjadi model keteladanan bagi para mahasiswa dalam perkembangannya. Oleh karena itu, kepribadian dosen perlu dibina dan dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai moral.untuk menerapkan proses pembelajaran yang baik. Dosen harus menjaga standart mutu layanan atau status profesinya, sehingga dapat dihindarkan kemungkinan penyimpangan tugas yang tidak sesuai dengan etika dan moral pembelajaran. Dosen dalam membelajarkan mahasiswa harus memperlihatkan sifat-sifat sederhana, rendah hati, sabar, menepati janji dan dapat dipercaya, sadar diri dan tidak boleh dogmatis serta penuh tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/610/050903582
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Dec 2009 11:48
Last Modified: 23 Oct 2021 15:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104508
[thumbnail of 050903582.pdf]
Preview
Text
050903582.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item