Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)”.

DianPertiwiSetyawati (2009) Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat pertama kali diperkenalkan, balanced scorecard digunakan oleh organisasi bisnis untuk pengukuran kinerja. Dewasa ini, balanced scorecard tidak saja digunakan oleh organisasi bisnis tetapi juga organisasi publik. Organisasi publik adalah organisasi yang menyediakan jasa kepada masyarakat dengan tujuan bukan untuk mencari profit. Untuk dapat digunakan oleh organisasi publik, balanced scorecard tersebut harus dimodifikasi. Tulisan ini membahas bagaimana membangun balanced scorecard, meliputi menentukan tujuan strategis, ukuran yang digunakan, dan mengimplementasikan balanced scorecard pada organisasi publik. Pengukuran kinerja yang dilakukan terhadap organisasi sektor publik, yaitu Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara, bertujuan untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan organisasi publik dalam menyelenggarakan kegiatannya kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, melalui studi pustaka dan studi lapangan yang antara lain berupa wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa pengukuran kinerja dengan balanced scorecard berusaha menyeimbangkan antara sasaran dari segi keuangan dan nonkeuangan. Dengan memahami berbagai keunggulan balanced scorecard tersebut, maka pihak pengambil keputusan dalam organisasi sektor publik dapat memanfaatkan kerangka balanced scorecard untuk meningkatkan kinerja agar dapat tumbuh dan berkembang. Balanced scorecard disusun untuk memberikan petunjuk kepada organisasi dan juga menyediakan umpan balik mengenai efektivitas strategi yang telah ditetapkan organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/61/050900528
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Mar 2009 10:36
Last Modified: 23 Oct 2021 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104507
[thumbnail of 050900528.pdf]
Preview
Text
050900528.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item