Penerapan PSAK No. 45: Laporan keuangan sebagai penunjang akuntabilitas keuangan yayasan : studi kasus pada Yayasan Paramitra Jawa Timur.

TeripenaIkaSampurnaPaul (2009) Penerapan PSAK No. 45: Laporan keuangan sebagai penunjang akuntabilitas keuangan yayasan : studi kasus pada Yayasan Paramitra Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan praktik akuntansi yang ada di Yayasan Paramitra Jawa Timur (YPM) dalam rangka rekonstruksi format laporan keuangan sesuai dengan PSAK No. 45 tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan persepsi pihak manajemen (pengurus yayasan) mengenai pelaporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No. 45 untuk melihat kesiapan yayasan menerapkan PSAK No. 45. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaporan keuangan sebagai bagian yang penting dari akuntabilitas sebuah organisasi nirlaba, khususnya yayasan. Tuntutan transparansi dan akuntabilitas yang semakin tinggi juga menjadi faktor pendorong bagi yayasan untuk menerapkan pelaporan keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku sehingga mudah dipahami, memiliki relevansi, dan memiliki daya banding yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa YPM belum menerapkan pelaporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No. 45 karena minimnya pengetahuan pihak manajemen terhadap akuntansi dan keterbatasan sumber daya. Namun pihak manajemen memiliki persepsi bahwa laporan keuangan merupakan bagian yang penting untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas yayasan. Persepsi ini merupakan faktor yang bisa mendorong yayasan untuk segera menerapkan pelaporan keuangan sesuai dengan PSAK No. 45. Format laporan keuangan YPM yang sesuai dengan PSAK No. 45 terdiri atas Laporan Posisi Keuangan, Laporan Aktivitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan. Selain itu, YPM juga memerlukan laporan pendukung lainnya, yaitu Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Proyek dan Laporan Realisasi Anggaran Proyek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/602/050903554
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Dec 2009 10:41
Last Modified: 22 Dec 2009 10:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104499
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item