Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Produk GSM Mentari di PT. Indosat Tbk, Kabupaten Jombang

MohArdyansyah (2009) Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Produk GSM Mentari di PT. Indosat Tbk, Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan produk Mentari dan untuk mengetahui variabel bauran promosi manakah yang dominan mempengaruhi konsumen dalam pemilihan produk Mentari. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel bauran promosi yang diujikan meliputi, variabel periklanan (adve rtising), personal selling, promosi penjualan (sales promotion), dan public relation. 60 (enam puluh) responden dari pengguna Mentari dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Untuk analisis data digunakan analisis regresi yang dihitung dengan menggunakan program komputer SPSS 15.0. Analisis regresi ini digunakan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun secara parsial variabel-variabel bauran promosi yang digunakan terhadap keputusan konsumen dalam pemilihan produk Mentari serta variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen tersebut. Adapun kriteria pengujian analisis regresi dengan tingkat signifikansi 0,05. Dari hasil analisis regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh secara simultan variabel-variabel bauran promosi terhadap keputusan konsumen. Hal ini dapat dilihat dengan nilai Fhitung yang dihasilkan lebih besar dari Ftabel (7.826>2,61) dan signifikansi F<5%. Kemudian untuk pengaruh secara parsial dari keempat variabel tersebut hanya 1 variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen, yaitu variabel advertising. Hal ini dapat dilihat dengan nilai thitung > ttabel dari variabel yaitu sebesar 2.444>1,645. Sedangkan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen adalah variabel advertising, dilihat dari besarnya koefisien regresi terbesar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/581/050903362
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2009 09:56
Last Modified: 26 Nov 2009 09:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104476
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item