Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Kirana Tour and Travel Malang

BondanTriWibowo (2009) Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Kirana Tour and Travel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja Kirana Tour and Travel selama tahun 2008. Kirana Tour and Travel sebagai perusahaan yang berusaha memenuhi kebutuhan tur dan wisata masyarakat harus memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Dengan Visi “Sebagai tour organizer dalam memenuhi kebutuhan dibidang pariwisata serta menjembatani program pemerintahan dalam setiap gerak langkah pada bidang pariwisata, dan menyediakan pemenuhan sarana transportasi bagi tour biro yang ada di wilayah Jawa Timur” Kirana Tour and Travel berharap dapat menjadi yang terbaik didalam persaingan yang begitu ketat sekarang ini dengan selalu meningkatkan kinerjanya. Dengan harapan seperti itu, Kirana Tour and Travel membutuhkan inovasi dalam melakukan evaluasi kinerja yang dapat mengukur kinerja secara baik dan mencakup banyak hal dalam perusahaan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam evaluasi kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah suatu alat pengukuran dengan memandang empat perspektif dalam perusahaan yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dengan hasil penilaian Balanced Scorecard yang dilakukan, diharapkan Kirana Tour and Travel semakin baik dalam melakukan kinerja perusahaannya. Hasil evaluasi kinerja pada Kirana Tour and Travel tahun 2008 diperoleh peningkatan dalam perspektif pelanggan, dan perspektif proses bisnis internal. Pada perspektif proses pertumbuhan dan pembelajaran terjadi penurunan pada tolok ukur employee productivity. Sedangkan dalam perspektif keuangan terjadi penurunan pada manajemen aktiva dan investasi dan rasio leverage perusahaan. Bentuk dalam hubungan antar perspektif menunjukkan bahwasannya keempat perspektif dalam balanced scorecard saling mendukung untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/576/050903357
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2009 11:29
Last Modified: 25 Nov 2009 11:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104470
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item