Formulasi strategi dan proses perencanaan strategi untuk meningkatkan daya saing pada PT. BUanakarya Adi Mandiri Malang

HendryNoviyanto (2009) Formulasi strategi dan proses perencanaan strategi untuk meningkatkan daya saing pada PT. BUanakarya Adi Mandiri Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan Lingkungan dan persaingan merupakan suatu faktor penentu dalam perencanaan strategi yang dapat menentukan peluang atau ancaman terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan baik lingkungan eksternal maupun internal pada PT. Buanakarya Adi Mandiri Malang, sehingga dapat ditentukan strategi yang sesuai dengan perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan yang ada sekarang, dengan menyajikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi aspek lingkungan eksternal maupun internal perusahaan, sehingga dari situ akan ditemukan peluang, hambatan, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi pesaing. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisis Rasio, EFE, IFE, Matriks SWOT, Matriks IE (Internal-Eksternal) dan Matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap PT. Buanakarya Adi Mandiri, strategi yang sesuai adalah kombinasi antara market penetration strategy dan product development strategy. Dimana pada Strategi Diferensiasi, pengembang akan mendefinisikan produk yang ditawarkan yaitu produk yang memiliki kualitas dan fasilitas unggul. Dan akan memusatkan atau memfokuskan diri pada usahanya untuk merubah tampilan produk yang memiliki konsep berbeda dan lebih baik dibanding pesaing dan dengan harga yang bersaing. . Untuk menjabarkan strategi yang telah dirumuskan, maka perlu dibuat suatu kebijaksanaan fungsional, kebijakan ini meliputi kebijaksanaan manajemen, pemasaran, produksi, keuangan, ekonomi, demografi, pasar, dan persaingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/564/050903295
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2009 14:30
Last Modified: 25 Nov 2009 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104458
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item