Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Wonodadi Blitar

BayuAmanda (2009) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Wonodadi Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel, yaitu : komunikasi, komitmen, trust (kepercayaan), dan conflict handling (penyelesaian masalah) terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Unit Wonodadi Blitar. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (relationship marketing) terhadap variabel bebas (kepuasan nasabah) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Explanatory Research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 nasabah BRI Unit Wonodadi Blitar. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, disebut juga judgement sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Uji Asumsi Klasik. Uji Hipotesis menggunakan Uji Fhitung dan thitung. Untuk menganalisis data yang digunakan Uji Regresi Linear Berganda dan Uji Asumsi Klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel komunikasi (X1), komitmen (X2), trust / kepercayaan (X3), dan conflict handling / penyelesaian masalah (X4), memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan signifikansi 0,000, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,666 (66,6%). Sedangkan secara parsial, komunikasi (X1), trust / kepercayaan (X3), dan conflict handling / penyelesaian masalah (X4), menunjukkan adanya pengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,215, 0,254, dan 0,341, sedangkan variabel komitmen (X2) menunjukkan tidak adanya, dengan signifikansi 0,112. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan yaitu variabel conflict handling / penyelesaian masalah (X4) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,341. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keempat variabel bebas yaitu, komunikasi, komitmen, trust (kepercayaan), dan conflict handling (penyelesaian masalah) secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah BRI, namun tidak secara parsial. Variabel conflict handling / penyelesaian masalah (X4) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan nasabah PT. BRI Unit Wonodadi Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/563/050903294
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2009 10:59
Last Modified: 26 Nov 2009 10:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104457
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item