Faktor Intern Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Hand And Body Lotion Merek Citra : studi pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2006

NugrahenyWahyuDR (2009) Faktor Intern Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Hand And Body Lotion Merek Citra : studi pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2006. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kosmetik adalah kebutuhan pokok bagi kaum wanita, begitu juga dengan hand and body lotion merek Citra. Hand and body lotion Citra adalah produk dari PT. Unilever untuk perawatan kulit lengkap yang memberikan kecantikan alami secara keseluruhan. Citra meluncurkan varian wewangian aromaterapi untuk membantu mengendurkan ketegangan panca indra dan menenangkan pikiran dan tubuh. Citra diketahui sebagai merek kecantikan dengan bahan-bahan alami dari warisan kuat budaya Indonesia yang membuat wanita Indonesia menjadi modern tanpa melupakan norma-norma sosialnya. Citra yang terus tumbuh dan berkembang didukung oleh inovasi yang berkaitan dengan konsumen. Citra terus berkomitmen untuk menggali wawasan konsumen dan menciptakan inovasi sehingga mampu menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor Intern yang mempengaruhi keputusan mahasiswi Jurusan Manajemen terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Penelitian ini juga bermaksud untuk mengetahui faktor dominan yang dapat mempengaruhi keputusan mahasiswi Jurusan Manajemen terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Penelitian ini dilakukan terhadap Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2006 -2008, dengan sampel 100 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumen. Hasil uji Ftest terhadap kelima variabel penelitian yaitu motivasi (x1), persepsi (x2), pembelajaran (x3), kepribadian (x4), dan sikap (x5), membuktikan adanya pengaruh simultan motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, dan sikap terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian menghasilkan F-Hitung sebesar 12,812 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial, penelitian ini mampu membuktikan adanya pengaruh signifikan motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap terhadap keputusan pembelian, tetapi kepribadian tidak menunjukkan adanya pengaruh yang cukup signifikan terhadap keputusan pembelian karena produk Hand and Body Lotion termasuk dalam barang convenience yaitu barang yang sering dibeli, harganya tidak mahal dan keputusan membeli tidak memerlukan banyak pertimbangan atau berdasarkan kebiasaan saja, loyalitas terhadap produk dapat dengan mudah berubah atau hilang sehingga dikatakan kepribadian tidak akan banyak memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keempat faktor lain (motivasi, persepsi, pembelajaran, dan sikap) menjadi faktor yang mendominasi keputusan responden untuk melakukan pembelian produk "Hand and Body Lotion Citra".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/562/050903293
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2009 11:10
Last Modified: 26 Nov 2009 11:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104456
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item