Efektivitas Penagihan Aktif Atas Tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Upaya Pencapaian Target Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan KPP Pratama Batu : studi kasus pada KPP Pratama Batu

JokoHadiyanto (2009) Efektivitas Penagihan Aktif Atas Tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Upaya Pencapaian Target Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan KPP Pratama Batu : studi kasus pada KPP Pratama Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar efektivitas pelaksanaan penagihan atas tunggakan PBB yang difokuskan pada penagihan aktif PBB di KPP Pratama Batu untuk periode tahun 2006-2008. Variabel penagihan aktif yang diteliti dalam penelitian ini adalah surat teguran, surat paksa, surat perintah melakukan penyitaan, dan pengumuman lelang. Dari keempat variabel tersebut dianalisa dengan metode analisa regresi untuk mengetahui kontribusi masing-masing variabel terhadap keberhasilan penagihan PBB. Selain itu tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan serta faktor pendukung dari tindakan penagihan itu sendiri , kemudian upaya apa yang diambil KPP Pratama Batu untuk mengatasi hambatan tersebut. Tujuan lain ini diperoleh melalui metode wawancara dengan seksi penagihan KPP Pratama Batu. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini antara lain Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu sektor penerimaan pajak negara khususnya KPP Pratama Batu yang berkontribusi vital bagi pembiayaan pembangunan. Dalam proses penerimaanya realisasi penerimaan dari sektor ini hampir sering tidak mampu mencapai target penerimaan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tidak tercapainya target penerimaan PBB di KPP Pratama Batu ini disebabkan adanya tunggakan pajak yang ditunggak oleh wajib pajak. Penagihan adalah upaya nyata yang dilakukan KPP Pratama Batu untuk dapat merealisasikan target penerimaan Pajak dari sektor PBB ini Dari hasil analisa, tingkat efektivitas penagihan aktif PBB di KPP Pratama Batu pada periode tahun 2006-2008 masuk dalam kategori sangat efektif (karena terletak antara 80-100% dalam skala kinerja efektivitas). Variabel Surat Teguran (ST) berkontribusi dominan terhadap keberhasilan penagihan aktif PBB. Kemudian dari hasil wawancara dengan seksi penagihan KPP Pratama Batu diketahui banyak faktor penghambat serta faktor pendukung pelaksanaan penagihan aktif PBB dan upaya KPP Pratama Batu dalam mengatasi hambatan penagihan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/561/050903292
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2009 08:47
Last Modified: 30 Nov 2009 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104455
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item