HastuWicaksono (2009) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki di Dealer Suzuki Basuki Rahmat Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan yaitu (1) mengetahui pengaruh yang signifikan secara simultan maupun parsial antara bauran promosi yaitu periklanan, penjualan peribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki, (2) mengetahui variabel manakah diantara periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasran langsung yang mempunyai pengaruh dominant terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki di dealer Suzuki Basuki Rahmat Tuban. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis variabel yaitu variabel Independent (bebas), variabel Dependent (terikat), dimana variabel terikat adalah keputusan pembelian atau Y, dan variabel bebasnya adalah Bauran Promosi atau X, yang terdiri dari variabel Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Publisitas (X3), Penjualan Pribadi (X4) dan pemasaran langsung (X5). Pengambilan sampel dengan menggunakan pendekatan Solvin. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji validitas dan uji reabilitas, analisa regresi linier berganda, uji F, uji t dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dilakukan bahwa Bauran Pemasaran (X) (periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan langsung dan pemasaran langsung) yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Berdasarkan pengujian secara bersama-sama di ketahui Fhitung menunjukkan nilai sebesar 125.558 (signifikan F= 0,000). Jadi Fhitung > Ftabel (125.558> 2,29), artinya bahwa secara bersama – sama variabel periklanan (X1), promosi penjualan (X2), publisitas (X3), penjualan langsung (X4) dan pemasaran langsung (X5)berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai R Square menunujkkan nilai sebesar 0,871 atau 87.1 %, artinya bahwa variabel Keputusan Pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 87,8 % oleh Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Publisitas (X3), Penjualan Pribadi (X4) dan pemasaran langsung (X5). sedangkan sisanya sebesar 12,2 % dijelaskan oleh variabel lain di luar 5 variabel bebas yang diteliti. Secara parsial variabel Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Publisitas (X3), Penjualan Pribadi (X4) dan pemasaran langsung (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/558/050903289 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 26 Nov 2009 09:42 |
Last Modified: | 26 Nov 2009 09:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104451 |
Actions (login required)
View Item |