Analisis Efektivitas Penagihan Pajak dengan Surat Paksa serta Kontribusinya terhadap Penerimaan Pajak : studi kasus pada KPP Pratama Batu

AndyHerdananjaya (2009) Analisis Efektivitas Penagihan Pajak dengan Surat Paksa serta Kontribusinya terhadap Penerimaan Pajak : studi kasus pada KPP Pratama Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasari atas tindakan penagihan pajak yang merupakan salah satu elemen dari law enforcement (penegakan hukum) di bidang perpajakan yang dimana tujuan dari penagiahan itu sendiri adalah untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang tentu saja dengan kepatuhan tersebut diharapkan dapat mengamankan atau terlebih lagi dapat meningkatkan penerimaan dari sektor pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penagihan pajak dengan surat paksa dan untuk mengetahui besarnya kontribusi penagihan pajak dengan surat paksa. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Batu dikarenakan KPP Pratama ini mempunyai wilayah kerja yang luas serta pernah menjadi kantor percontohan selama dua tahun berturut-turut. Temuan dalam penelitian ini adalah efektivitas penagihan pajak dengan surat paksa selama kurun waktu 2004-2008 rata-rata dapat dikategorikan dalam kategori efektif, Kontribusi penagihan pajak dengan surat paksa terhadap penerimaan pajak memperlihatkan bahwa kontribusi yang diberikan dari realisasi penagihan pajak dengan menggunakan surat paksa sangat kecil. Adapun temuan lain dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi penagihan di KPP Pratama Batu meliputi faktor penghambat penagihan yang berupa faktor penghambat secara internal dan eksternal, serta faktor pendukung penagiahan yang berupa faktor pendukung secara internal dan secara eksternal. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan dalam penagihan adalah upaya yang bersifat internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/556/05090387
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2009 09:27
Last Modified: 26 Nov 2009 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104449
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item