Analisis Lingkungan Bisnis Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada Distro Heroine Malang

AndiAbdiSetiawan (2009) Analisis Lingkungan Bisnis Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama Pada Distro Heroine Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Situasi persaingan yang kompetitif ditambah kemungkinan adanya dinamika lingkungan lainnya seperti perkembangan teknologi, situasi ekonomi yang fluktuatif, perubahan gaya hidup dalam masyarakat serta berbagai kondisi lingkungan lainnya seringkali merupakan kendala bagi Distro Heroine untuk mencapai tujuan, maka diperlukan strategi perusahaan yang integral di semua aspek manajemen perusahaan. Tiap perusahaan harus memiliki keunggulan, mampu memanfaatkan peluang, menghindari ancaman serta meminimalkan kelemahan. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Alat analisis yang digunakan meliputi matrik EFE, matrik IFE, matrik SWOT, matrik IE, matrik Grand Strategy dan QSPM. Dalam menganalisis lingkungan eksternal dan internal berdasarkan informasi yang diperoleh secara langsung maupun tidak langsung, ditunjang dengan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi utama Distro Heroine berdasarkan analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal dari Distro Heroine, dan apakah strategi yang dipilih dapat diimplementasikan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh Distro Heroine. Hasil analisis matrik EFE dan matrik IFE menunjukkan respon Distro Heroine terhadap lingkungan bisnisnya adalah di atas rata. Artinya, perusahaan telah mampu memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman yang muncul dari lingkungan sekitarnya, dan distro Heroine dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk meminimalkan kelemahan yang ada. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan untuk memunculkan alternatif strategi perusahaan melalui matrik SWOT, matrik IE dan matrik Grand Strategy. Dari ketiga matrik tersebut didapatkan hasil berupa tiga alternatif strategi bagi Distro Heroine yaitu meliputi strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk. Selanjutnya pada tahap akhir yaitu tahap keputusan untuk merumuskan strategi utama melalui pemilihan alternatif strategi yang cocok bagi perusahaan dengan menggunakan QSPM. Dari analisis secara kualitatif pada QSPM, didapatkan bahwa strategi pengembangan produk memiliki nilai daya tarik lebih tinggi dibandingkan kedua alternatif strategi lainnya, maka strategi pengembangan produk direkomendasikan kepada Distro Heroine sebagai strategi utama guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Distro Heroine.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/550/050903254
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2009 09:04
Last Modified: 04 Nov 2009 09:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104443
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item