Analisis Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer pada Perusahaan Jasa (Studi Kasus pada PT Bandara Mega Persada Malang)

DianKusumaWardani (2009) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer pada Perusahaan Jasa (Studi Kasus pada PT Bandara Mega Persada Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi berbasis komputer yang telah diterapkan PT. Bandara Mega Persada Malang. Fokus penelitian ini terletak pada bagaimana sistem penerimaan dan pengeluaran kas berbasis komputer yang diterapkan pada perusahaan jasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisa kualitatif. Metode tersebut mengevaluasi data-data kualitatif pada perusahaan seperti struktur organisasi, prosedur penjualan kepada customer, pelaporan kepada airlines, serta prosedur penggajian. Hasil dari evaluasi ini dapat digunakan untuk mengetahui apakah fungsi, prosedur, dan dokumen yang digunakan perusahaan telah efektif, sehingga dapat menghasilkan sistem informasi akuntansi yang dapat dihandalkan. Analisis sistem informasi akuntansi berbasis komputer pada PT. BandaraMega Persada menghasilkan kesimpulan bahwa secara keseluruhan menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern perusahaan sudah cukup baik dan efektif. Namun beberapa perbaikan masih perlu dilakukan agar sistem tersebut dapat berjalan lebih efektif. Perusahaan perlu melakukan pemisahan yang jelas tugas dan wewenang bagian accounting dengan bagian kasir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/53/050900521
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2009 08:18
Last Modified: 04 Mar 2009 08:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104421
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item