Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua : studi pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

EkaPuspitasari (2009) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua : studi pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengambil judul tentang pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian Air Minum Merek Aqua (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya malang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image yang terdiri dari variabel yaitu citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap keputusan pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang) secara simultan dan parsial dan juga untuk mengetahui dari ketiga variabel brand image yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory. Penelitian ini mengambil lokasi pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Pengambilan sampel yaitu secara nonprobability sampling yaitu berdasarkan karakteristik atau dengan cara pertimbangan tertentu dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dari jawaban responden dianalisis menggunakan analisis berganda, uji-t, uji-F dan koefisien determinasi. Hasil analisa menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua. Kemudian dapat diketahui bahwa citra produk dari brand image memiliki pengaruh dominan dibandingkan variabel bebas yang lain. Selain itu, secara keseluruhan variabel bebas yaitu citra pembuat, citra pemakai dan citra produk memiliki kontribusi terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 52,2%. Sisanya dijabarkan oleh variabel lain di luar dari tiga variabel bebas yang telah diteliti. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan dalam strategi pemasaran, dan sebaiknya perusahaan menjaga brand image agar selalu mempunyai persepsi positif di dalam pandangan konsumen. Sehingga mempengaruhi keputusan pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/527/050903107
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2009 09:19
Last Modified: 06 Nov 2009 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104418
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item