Analisis Peran Sunset Policy Terhadap Peningkatan Jumlah Wajib Pajak dan Tingkat Realisasi Penerimaan Pajak : studi kasus pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III Malang

RatihMegaPramitha (2009) Analisis Peran Sunset Policy Terhadap Peningkatan Jumlah Wajib Pajak dan Tingkat Realisasi Penerimaan Pajak : studi kasus pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam melakukan perhitungan mengetahui peningkatan jumlah wajib pajak dan penerimaan pajak pada saat sebelum dan sesudah adanya peran sunset policy. Permasalahannya adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat penambahan jumlah wajib pajak dan penerimaan pajak digunakan alat uji analisis statistik untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan bantuan program SPSS.. Hasil uji hipotesis data laporan penmabahan jumlah wajib pajak dan penerimaan pajak dengan menggunakan uji normalitas yaitu menggunakan uji Kolmogorof-Smirnof dan uji t beda dua sampel tidak berpasangan bila data berdistribusi normal menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat penambahan jumlah wajib pajak dan penerimaan pajak Tidak adanya perbedaan secara signifikan penerimaan pajak maupun jumlah Wajib Pajak sebelum dan sesudah sunset policy di Kantor Wilayah Bagian Timur III Malang. Penerimaan pajak dan jumlah Wajib Pajak meningkat tidak hanya karena adanya peran sunset policy tetapi juga ada pengaruh dari Kantor Wilayah itu sendiri untuk dengan kinerja yang baik selain adanya faktor lain dari luar. Peningkatan ini setidaknya harus menjadi perhatian yang serius baik dari Dirjen Pajak maupun dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bagian Timur III Malang sendiri dan disebabkan karena yang banyak memanfaatkan peran sunset policy adalah para Wajib Pajak lama karena untuk membenarkan SPT sehingga sanksi administrasi yang mereka dapat dihapus dan setelah itu para Wajib Pajak baru yang memperoleh NPWP dimanfaatkan untuk bebas fiskal luar negeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/517/050903084
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2009 14:01
Last Modified: 04 Nov 2009 14:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104407
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item