Analisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen susu formula merek SGM : studi pada konsumen Ratu Departemen Store Kota Malang

FitriandiniSistaDharmesti (2009) Analisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen susu formula merek SGM : studi pada konsumen Ratu Departemen Store Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengetahuan dasar yang baik mengenai perilaku konsumen akan dapat memberi masukan yang berarti dalam perencanaan strategi pemasaran. Hal ini juga berguna dalam mengidentifikasi peluang dan ancaman baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi adalah komponen-komponen yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi respon konsumen. Komponen-komponen bauran pemasaran yang diberikan oleh perusahaan dapat menjadi stimulus dalam pengambilan keputusan yang berperan penting dalam pencapaian kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi dan distribusi terhadap kepuasan konsumen susu formula anak merek SGM baik secara simultan dan parsial. . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Responden yang digunakan sebagai sampel sejumlah 100 orang responden. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan karakteristik responden yaitu konsumen yang melakukan pembelian susu formula SGM untuk kepentingannya putra atau putrinya, bukan orang suruhan dan bukan konsumen yang membeli untuk dijual kembali serta konsumen yang melakukan pembelian susu formula SGM secara reguler Hasil dari regresi linier berganda pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (X 1 ), harga (X 2 ), promosi (X 3 ) dan distribusi (X 4 ) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai F hitung sebesar 34,898. Sedangkan dari keempat variabel independen, variabel produk, harga dan distribusi berpengaruh secara signifikan secara parsial dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 2,016, 2,621 dan 4,047. Nilai adjusted R 2 pada penelitian ini sebesar 0.578. Sedangkan variabel yang paling dominan pada penelitian ini adalah variabel distribusi yang memiliki standardize coefficient beta sebesar 0.372 Untuk dapat mempertahankan kepuasan konsumen, PT. Sari Husada terutama untuk produk susu formula SGM harus selalu mempehatikan variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi dengan lebih menekankan pada kinerja distribusinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/513/050903034
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2009 10:26
Last Modified: 06 Nov 2009 10:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104403
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item