Analisis Tarif Pelayanan Rumah Sakit sebagai Bentuk Kesiapan Menjadi Badan Layanan Umum : studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang

ElikeWidyasanti (2009) Analisis Tarif Pelayanan Rumah Sakit sebagai Bentuk Kesiapan Menjadi Badan Layanan Umum : studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan evaluasi terhadap tarif yang selama ini digunakan oleh rumah sakit sebagai salah satu bentuk penilaian terhadap kesiapan rumah sakit sebagai badan layanan umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitiaan deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Variabel penelitian terdiri dari unit cost dan Cost Recovery Rate (CRR) per tarif pelayanan rawat inap kelas I, II, dan III. Proses analisis unit cost menggunakan metode double distribution. Metode ini memberikan tingkat keadilan yang lebih jika dibandingkan dengan metode alokasi tunggal yang selama ini digunakan oleh pihak rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit cost per produk rawat inap yang terdiri dari unit cost ruang perawatan, tindakan medis non operatif, dan pemeriksaan diagnostik elektromedik, lebih tinggi jika dibandingkan dengan tarif yang berlaku yaitu tarif berdasarkan Perda No. 10 Tahun 2002. Hal ini tergambar pula pada hasil CRR per produk instalansi rawat inap yang masih berada di bawah 100%. CRR ruang perawatan per kelas I, II, dan III berturut-turut 43%, 45%, dan 37%. CRR rata-rata tiap produk tindakan medis non operatif untuk kelas I, II dan III berturut-turut 95%, 85%, dan 74%. CRR rata-rata tiap produk pemeriksaan diagnostik elektromedik untuk kelas I, II dan III berturut-turut 58%, 60%, 59%. CRR untuk total pengembalian biaya instalansi rawat inap adalah sebesar 82%. Hal ini menunjukkan bahwa rumah sakit perlu untuk mengevaluasi kembali penggunaan biaya operasionalnya, yang artinya kesiapan rumah sakit untuk menjadi badan layanan umum belum seluruhnya terpenuhi, khususnya pada sisi efisiensi dan produktivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/511/050903032
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2009 10:11
Last Modified: 06 Nov 2009 10:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104401
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item