Pengaruh Perubahan Suku Bunga Deposito Bank Konvensionaldan Return Deposito Mudharabah Bank Muamalat Indonesia Terhadap Jumlah Permintaan Deposito Mudharabah Bank Muamalat Indonesia

DevisPrimaNoviandi (2009) Pengaruh Perubahan Suku Bunga Deposito Bank Konvensionaldan Return Deposito Mudharabah Bank Muamalat Indonesia Terhadap Jumlah Permintaan Deposito Mudharabah Bank Muamalat Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh perubahan suku bunga deposito bank konvensional (DK) dan return deposito mudharabah (DM) terhadap besarnya jumlah permintaan deposito mudharabah di Bank Muamalat Indonesia (BMI), (2) Mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi jumlah permintaan deposito mudharabah BMI. Tujuan dari penelitian ini tentunya tidak lepas dari alasan karena banyak masyarakat yang menginginkan sebuah rasionalitas dalam memilih untuk mendapatkan keuntungan tanpa melihat kemaslahatan. Untuk mengetahui pengaruh perubahan suku bunga deposito bank konvensional (DK) dan return deposito mudharabah (DM) terhadap besarnya jumlah permintaan deposito mudharabah di Bank Muamalat Indonesia (BMI), maka dalam penelitian ini digunakan analisis regresi berganda metode OLS (Ordinary Least Squares), dengan variabel dependennya adalah jumlah permintaan deposito mudharabah BMI, dan variabel independennya terdiri dari suku bunga deposito konvensional dan return deposito mudharabah. Sedangkan untuk mengetahui apakah variabel yang paling dominan mempengaruhi jumlah permintaan deposito mudharabah BMI, adalah dengan melihat nilai standardized coeffisients beta dari masing-masing variabel independen. Dari pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi berganda memberikan hasil bahwa semua variabel independen yang dimasukan ke dalam model, baik secara bersama-sama maupun secara parsial mempengaruhi variabel dependen. Untuk variabel suku bunga deposito konvensional berdasarkan hasil analisis regresi dapat disimpulkan bahwa suku bunga deposito konvensional memiliki kemampuan dalam mempengaruhi jumlah permintaan deposito mudharabah, di mana hal ini dibuktikan dari hasil analisis regresi yang menunjukkan bahwa variabel suku bunga deposito konvensional berpengaruh signifikan terhadap jumlah permintaan deposito mudharabah. Dan dari hasil regresi juga diketahui bahwa nilai standardized coeffisients beta variabel return deposito mudharabah merupakan variabel yang paling dominan dalam jumlah permintaan deposito mudharabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/508/050903029
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2009 11:03
Last Modified: 22 Oct 2021 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104397
[thumbnail of 050903029.pdf]
Preview
Text
050903029.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item