Pengaruh Brand Predictability, Brand Liking, Brand Competence, Brand Reputation, Dan Trust In A Company Terhadap Trust In A Brand Produk Merek Pond’s (Studi Pada Warga Perumahan Pondok Alam Sigura-Gur

GayatriNindyokirono (2009) Pengaruh Brand Predictability, Brand Liking, Brand Competence, Brand Reputation, Dan Trust In A Company Terhadap Trust In A Brand Produk Merek Pond’s (Studi Pada Warga Perumahan Pondok Alam Sigura-Gur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu keputusan pemasaran yang penting dalam strategi produk adalah keputusan tentang merek. Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa untuk membedakan dari produk pesaing. T rust terhadap sebuah merek (kepercayaan pada merek) sebagai kesediaan konsumen untuk mempercayai atau mengandalkan merek dalam situasi resiko karena adanya ekspetasi bahwa merek bersangkutan akan memberikan hasil positif. Sedangkan faktor-faktor yang berperan penting dalam membentuk trust terhadap merek meliputi brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation, and trust in a company . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara bersama-sama maupun parsial pengaruh brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation dan trust in the company terhadap trust in a brand, serta untuk mengetahui diantara brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation, dan trust in a company yang berpengaruh dominan terhadap trust in a brand . Dari model yang dikembangkan dalam penelitian ini diperoleh hipotesis bahwa brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation dan trust in the company berpengaruh secara bersama-sama dan parsial terhadap trust in a brand serta trust in the company berpengaruh dominan terhadap trust in a brand . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen skin care merek pond’s di Perumahan Pondok Alam Sigura-gura Malang, dari populasi tersebut berdasarkan Roescoe (1975) diambil sampel sebanyak 80 orang dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan, digunakan alat analisis regersi linier berganda melalui program SPSS 13 dengan menggunakan regresi liner berganda, uji F, uji t dan Standardized Coeffiecients Beta . Disamping itu juga dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas, guna mendapatkan hasil yang tidak bias. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa variabel bebas yang terdiri dari brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation dan trust in the company secara simultan mempunyai pengaruh terhadap trust in a brand produk merek Pond’s, sedangkan yang berpengaruh secara parsial adalah brand competence, brand reputation dan trust in the company , sedangkan variabel brand predictability dan variabel brand liking tidak berpengaruh secara signifikan terhadap trust in a brand produk merek Pond’s. Untuk variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap trust in a brand produk merek Pond’s adalah variabel brand competence .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/492/050902917
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Oct 2009 13:16
Last Modified: 22 Oct 2021 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104379
[thumbnail of 050902917.pdf]
Preview
Text
050902917.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item