Sistem dan Prosedur Night Audit Sebagai Salah Satu Alat Pengendalian Internal pada Hotel (Studi Kasus pada Hotel Metropole Batu)

SatrioArdiWicaksono (2009) Sistem dan Prosedur Night Audit Sebagai Salah Satu Alat Pengendalian Internal pada Hotel (Studi Kasus pada Hotel Metropole Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Night Audit merupakan suatu alat manajemen yang memiliki fungsi memeriksa dan mereview pendapatan dan active bill hotel dalam satu hari. Bagi sebuah perusahaan yang memiliki banyak sumber pendapatan, terutama hotel, keberadaan night audit menjadi sangat diperlukan. Hal ini terkait karena kompleksitas dari bisnis hotel. Untuk itu diperlukan adanya suatu sistem dan prosedur yang baik mengenai night audit sebagai alat pengendalian internal hotel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dimana penelitian ini lebih menggambarkan mengenai situasi serta keadaan yang terjadi di Hotel Metropole Batu yang diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dianalisis yang kemudian diberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang muncul. Berdasarkan hasil evaluasi, Hotel Metropole Batu masih memiliki beberapa kekurangan dalam struktur organisasi, sistem dan prosedur dan pengendalian internal atas night audit . Hotel Metropole Batu juga belum memiliki Standar operasional perusahaan tertulis yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan night audit . Permasalahan tersebut perlu diperbaiki dengan melakukan pembenahan terhadap struktur organisasi, sistem dan prosedur dan pengendalian internal atas night audit , serta menyusun standar operasional perusahaan tertulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/482/050908520
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Oct 2009 15:41
Last Modified: 22 Oct 2021 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104368
[thumbnail of 050902852.pdf]
Preview
Text
050902852.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item