Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Jenang ”Teguh Raharjo” Di Kabupaten Ponorogo

ChitraDianZulfiana (2009) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Jenang ”Teguh Raharjo” Di Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu penelitian kausal komparatif ( causal comparative research ) merupakan tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan sebab-akibat antara dua variabel atau lebih untuk menjawab pertanyaan dan tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu pertama untuk menganalisis pengaruh yang signifikan secara simultan dari bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk jenang merk “Teguh Raharjo”. Kedua, untuk menganalisis pengaruh yang signifikan secara parsial dari bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk jenang merk “Teguh Raharjo”. Kedua, untuk mengetahui variabel bauran pemasaran apakah yang dominan berpengaruhi terhadap pengambilan keputusan untuk membeli jenang merk ”Teguh Raharjo”. Alat analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji F (simultan) dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent yaitu pengambilan keputusan pembelian Produk Jenang “Teguh Raharjo” di Kabupaten Ponorogo. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (45,976 > 2,370). Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas yang meliputi variabel produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian Produk Jenang “Teguh Raharjo” di Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan koefisien regresi masing-masing variabel maka dapat diketahui bahwa variabel produk mempunyai pengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian Produk Jenang “Teguh Raharjo” di Kabupaten Ponorogo. Beberapa saran yaitu sebagai berikut: diharapkan pemilik perusahaan untuk selalu berusaha mengenalkan atau mempromosikan produk kepada konsumen, dengan harapan konsumen mengenai atas kualitas produk yang ditawarkan. Usahnya nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan promosi yang menarik sehingga konsumen memiliki minat untuk melkaukan pembelian. Diharapkan pemilik perusahaan selalu berusaha untuk memberikan kesan positif terhadap keberadaan perusahaan dan produk diharapkan pemilik perusahaan lebih memperhatikan bentuk dan informasi produk yang terdapat pada kemasan dan selalu memperhatikan kualitas kemasan dengan harapan dapat memberikan perlindungan terhadap produk secara maksimal. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain yang berpengaruh terhadap pembelian terhadap produk jenang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/478/050902848
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2009 10:42
Last Modified: 22 Oct 2021 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104363
[thumbnail of 050902848.pdf]
Preview
Text
050902848.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item