“Pengaruh Informasi Arus Kas Terhadap Volume Perdagangan Saham dan Harga Saham di Pasar Modal (Studi kasus PadaPerushaan LQ-45 di Bursa Efek Indonesia.

Sumitra (2009) “Pengaruh Informasi Arus Kas Terhadap Volume Perdagangan Saham dan Harga Saham di Pasar Modal (Studi kasus PadaPerushaan LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah informasi yang terkandung dalam laporan arus kas mempengaruhi investor dalam membuat keputusan investasi di pasar modal. Kandungan informasi laporan arus kas diketahui melalui ada tidaknya perubahan volume perdagangan saham dan perubahan harga saham secara signifikan di sekitar tanggal publikasi laporan arus kas. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study dan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan lima hari sebelum dan lima hari sesudah sebagai waktu pengamatan. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi (pengaruh) publikasi arus kas (arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi, dan arus kas dari aktivitas pendanaan) terhadap volume perdagangan saham dan harga saham. Sampel yang digunakan berjumlah 29 saham dari berbagai jenis perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan metode pengambilan sampel adalah purposive random sampling . Dari hasil analisis diketahui bahwa pasar bereaksi secara signifikan terhadap informasi arus kas yang terbagi dari 3 (AKOp, AKIn, Dan AKP). Hal ini ditunjukkan oleh uji Fisher (Uji-F) untuk volume perdagangan saham dan harga saham. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa hampir semua variabel arus kas berpengaruh secara signifikan terhadap volume perdagangan saham, kecuali arus kas dari aktivitas operasi. Untuk uji t terhadap harga saham menunjukkan bahwa arus kas dari aktivitas operasi berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, sedangkan arus kas dari aktivitas investasi dan pendanaan tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/475/050902812
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Oct 2009 10:18
Last Modified: 22 Oct 2021 09:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104360
[thumbnail of 050902812.pdf]
Preview
Text
050902812.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item