Analisis Pengaruh Tingkat Sewa Modal, Jumlah Nasabah, dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit Gadai Golongan C ( Studi pada Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta ).

Purwanti (2009) Analisis Pengaruh Tingkat Sewa Modal, Jumlah Nasabah, dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit Gadai Golongan C ( Studi pada Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kredit gadai mempunyai peranan penting bagi kehidupan Perum Pegadaian karena kredit gadai merupakan bagian terbesar sumber penghasilan Pegadaian. Kredit gadai merupakan alternatif pembiayaan yang dipilih oleh masyarakat golongan menengah ke bawah yang kurang mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) variabel-variabel yang mempengaruhi penyaluran kredit gadai golongan C Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta, 2) variabel apa yang paling dominan pengaruhnya. Hasil penelitian dengan menggunakan analisa regresi menunjukkan bahwa tingkat sewa modal mempunyai arah hubungan yang negatif sedangkan jumlah nasabah dan tingkat inflasi Yogyakarta mempunyai arah hubungan yang positif. Pengujian secara simultan, ketiga variabel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit gadai golongan C. Namun, pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tingkat inflasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit gadai golongan C. Dari ketiga variabel bebas yang dianalisis, diperoleh nilai koefisien beta terbesar adalah variabel tingkat sewa modal. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat sewa modal merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap penyaluran kredit gadai golongan C. Dapat disimpulkan bahwa dalam proses penyaluran kredit gadai masyarakat masih mempertimbangkan besarnya tingkat sewa modal yang merupakan harga dari sebuah dana. Jumlah nasabah juga menjadi pertimbangan dalam penyaluran kredit gadai golongan C. Tingkat inflasi tidak menjadi prioritas dalam proses penyaluran kredit gadai golongan C karena tingkat sewa modal pengaruhnya terhadap penyaluran kredit gadai tidak secara langsung akan tetapi melalui tingkat bunga riil terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/474/050902811
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Oct 2009 10:35
Last Modified: 22 Oct 2021 09:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104359
[thumbnail of 050902811.pdf]
Preview
Text
050902811.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item