Analisis Variabel Internal Dan Variabel Eksternal Yang Mempengaruhi Pendapatan KCA (Kredit Cepat Aman) PERUM Pegadaian (Studi di Cabang PERUM Pegadaian Ngupasan, Yogyakarta).

UriLusanti (2009) Analisis Variabel Internal Dan Variabel Eksternal Yang Mempengaruhi Pendapatan KCA (Kredit Cepat Aman) PERUM Pegadaian (Studi di Cabang PERUM Pegadaian Ngupasan, Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhun masyarakat akan uang yang terkadang mendadak untuk dipenuhi, dapat terpenuhi salah satu alternatifnya dengan dengan melakukan kredit gadai. Sesuai kebutuhan masyarakat yang menginginkan kebutuhan uang secara cepat, aman, mudah dan relatif murah adalah dengan melakuan pinjaman ke PERUM Pegadaian yang salah satu produk unggulannya adalah KCA (Kredit Cepat Aman). KCA memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan PERUM Pegadaian melalui pendapatan KCA. Pendapatan KCA dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dipengaruhi jumlah nasabah KCA dan STL (Standari Taksiran Logam).Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh tingkat inflasi dan tingkat bunga kredit bank umum. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan dengan menggunakan model regresi linier berganda menunjukkan bahwa variasi besarnya jumlah pendapatan KCA dapat dijelaskan dengan baik oleh variabelvariabel yang mempengaruhi pendapatan KCA yaitu jumlah nasabah KCA, STL, tingkat inflasi dan tingkat bunga kredit bank umum. Hasil analisa data dan uji statistik yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ternyata variabel jumlah nasabah KCA dan STL mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah pendapatan KCA, sedangkan variabel tingkat inflasi dan tingkat bunga kredit bank umum mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah pendapatan KCA. Sedangkan jumlah nasabah KCA mempunyai pengaruh yang positif dan dominan terhadap pendapatan KCA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/471/0509002808
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Oct 2009 11:26
Last Modified: 22 Oct 2021 09:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104356
[thumbnail of 050902808.pdf]
Preview
Text
050902808.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item