Pengaruh Financial Leverage, Net Profit Margin, Likuiditas Dan Corporate Governance Terhadap Earnings Management Pada Perusahaan-Perusahaan Otomotif Di Bursa Efek Indonesia (Periode Pengamatan Tahun 2

RahmatRyadi (2009) Pengaruh Financial Leverage, Net Profit Margin, Likuiditas Dan Corporate Governance Terhadap Earnings Management Pada Perusahaan-Perusahaan Otomotif Di Bursa Efek Indonesia (Periode Pengamatan Tahun 2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan, pengaruh secara parsial dan variabel yang dominan dari financial leverage , net profit margin , likuiditas dan corporate governance terhadap earnings management pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI tahun 2003-2007. Obyek dalam penelitian ini adalah semua perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2003 sampai tahun 2007. Sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, terdapat 50 perusahaan otomotif yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah earnings management sebagai variable terikat serta financial leverage, net profit margin , likuiditas dan kepemilikan manajerial sebagai variable bebas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa secara simultan keseluruhan variabel independen ( financial leverage , net profit margin , likuiditas, kepemilikan manajerial) berpengaruh terhadap variabel independen ( earnings management ). Dan secara parsial financial leverage , likuiditas dan kepemilikan manajerial sebagai salah satu mekanisme corporate governance secara signifikan memiliki pengaruh terhadap earnings management . Variabel yang memiliki coefficient beta terbesar adalah financial leverage yaitu sebesar 0,590 dan menjadi variabel yang berpengaruh paling dominan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/469/050902806
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Oct 2009 14:55
Last Modified: 22 Oct 2021 09:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104353
[thumbnail of 050902806.pdf]
Preview
Text
050902806.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item