Penerapan Activity-Based Management (ABM) sebagai Upaya Perbaikan Berkelanjutan terhadap ‘Nilai’ Mahasiswa (Studi Kasus pada PSA JAFE-UB).

DianSyariati (2009) Penerapan Activity-Based Management (ABM) sebagai Upaya Perbaikan Berkelanjutan terhadap ‘Nilai’ Mahasiswa (Studi Kasus pada PSA JAFE-UB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Activity-Based Management (ABM) merupakan metode baru dalam pengelolaan organisasi. Lingkungan kompetitif saat ini menuntut perubahan dalam metode yang digunakan oleh manajemen untuk mengelola organisasi, dari pengelolaan berbasis fungsi ( functional-based management ) ke pengelolaan berbasis aktivitas (activity-based management ). Jika manajemen salah dalam memilih metode yang digunakan, kelangsungan hidup organisasi akan dipertaruhkan. Penerapan ABM di Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (PSA JAFE-UB) dimaksudkan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap ‘nilai’ mahasiswa yang sekaligus juga merupakan perbaikan berkelanjutan terhadap proses/aktivitas. Perbaikan ini akan menghasilkan kemampuan untuk bersaing dengan menghasilkan fitur jasa yang sesuai bagi mahasiswa serta pengurangan biaya sebagai hasil dari pengelolaan terhadap penyebab biaya, yaitu aktivitas. Hasil ini diharapkan akan mengantarkan PSA JAFE-UB untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya. Penerapan Activity-Based Management (ABM) sebagai upaya perbaikan berkelanjutan terhadap ‘nilai’ mahasiswa pada Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (PSA JAFE-UB) dilakukan melalui langkah-langkah berikut: 1) penyusunan peta aktivitas melalui business process analysis (BPA), 2) pengungkapan informasi lengkap tentang aktivitas melalui process value analysis , yaitu: activity analysis, p enentuan root cause dari tiap aktivitas yang tidak bernilai tambah dan aktivitas yang bernilai tambah tapi tidak efisien, dan penghitungan kinerja aktivitas melalui cycle effectiveness, 3) pengembangan rencana perbaikan terhadap aktivitas berdasarkan informasi tentang aktivitas yang diperoleh dari process value analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/456/050902699
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2009 15:17
Last Modified: 22 Oct 2021 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104341
[thumbnail of 050902699.pdf]
Preview
Text
050902699.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item