Pengaruh Karakteristik dan Profil Perusahaan Terhadap Kualitas Implementasi Good Corporate Governance (Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Terdaftar di BEI dan Perusahaan BUMN di Indonesia)”.

DeniSuranti (2009) Pengaruh Karakteristik dan Profil Perusahaan Terhadap Kualitas Implementasi Good Corporate Governance (Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Terdaftar di BEI dan Perusahaan BUMN di Indonesia)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) merupakan sebuah konsep yang menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan harus dijalankan secara baik dan benar, agar hak dan kewajiban para stakeholders dapat terpenuhi. Prinsip-prinsip GCG meliputi 4 aspek, yaitu tranparency (transparansi) , accountability (akuntabilitas) , responsibility (pertanggungjawaban) , dan fairness (kewajaran). Tujuan GCG adalah untuk menciptakan hubungan yang baik antara pemegang saham dan stakeholders , sehingga perusahaan dapat dikelola dengan baik dan tercipta akuntabilitas publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik dan profil perusahaan terhadap kualitas implementasi Good Corporate Governance . Kualitas implementasi GCG diukur menggunakan indeks CGPI, dan karakteristik perusahaan diproksikan oleh kesempatan investasi, konsentrasi kepemilikan, dan leverage . Sementara itu, profil perusahaan merupakan variabel dummy , dimana sampel yang termasuk perusahaan high profile diberi skor 1, sedangkan perusahaan yang termasuk dalam industri low profile diberi skor 0. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol, yaitu ukuran perusahaan dan faktor regulasi perbankan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan publik dan BUMN yang mengikuti survei CGPI tahun 2006 dan 2007, yang berjumlah 40 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Data yang digunakan diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan dari website perusahaan. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa variabel independen kesempatan investasi dan profil perusahaan berpengaruh signifikan secara positif terhadap kualitas implementasi GCG. Sementara itu, dua variabel independen lain yaitu konsentrasi kepemilikan dan leverage tidak berpengaruh terhadap kualitas implementasi GCG. Berdasarkan hasil uji regresi diketahui bahwa variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini juga menunjukkan pengaruh signifikan secara positif terhadap kualitas implementasi GCG.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/455/050902698
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2009 15:25
Last Modified: 22 Oct 2021 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104340
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf] Text
BAB_III.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi_pdf.pdf]
Preview
Text
daftar_isi_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item